Brake Cleaner I Cara Membersihkan Rem Mobil Dengan Mudah

Brake Cleaner I Cara Membersihkan Rem Mobil Dengan Mudah


Rem merupakan bagian dari kendaraan yang sangat penting kegunaanya.Yang berfungsi untuk memperlambat laju kendaraan agar kendaraan menjadi berhenti.Jika tidak ada rem maka  kendaraan tidak akan berguna untuk digunakan.Merupakan alat keamanan kendaraan agar terhindar dari kecelakaan saat kendaraan melaju atau berjalan.
  
Pemakaian rem yang secara terus menerus akan membuat kampas rem menjadi tipis atau aus.Maka di sekitar rem juga akan timbul kotoran bekas rem yang sudah aus.Debu dari luar kendaraan yang masuk ke dalam system rem.Baik itu rem cakram atau disc brake dan juga rem tromol.

Jika tidak ada rem maka kendaraan tidak akan berfungsi dengan baik.Karena kendaraan sering digunakan maka untuk perawatan rem pada kendaraan perlu dilakukan secara berkala agar tidak terjadi kerusakan yang lebih fatal.

Jalan yang dilewati juga berpengaruh terhadap kondisi rem di mobil.Misal jalan di tempat yang berdebu maka rem akan semakin cepat kotor sehingga perlu perawatan yang lebih.Begitu juga jika kendaraan melewati jalan yang basah maka akan membuaat rem menjadi cepat korosi.Bahkan rem akan macet dan pergerakan piston untuk remnya tidak maksimal.


Service rem perlu dilakukan secara berkala agar kendaraan selalu dalam keadaan yang baik.Jika kendaraan digunakan maka system pengereman akan menjadi lebih pakem dan remnya menjadi smoot.Rem yang kotor akan membuat rem menjadi keras karena kampas rem ditutupi dengan debu sehingga persinggungan rem dengan disc atau tromolnya tidak dapat menempel sempurna.

Brake System

Tidak memerlukan tekanan angin untuk membersihkanya namun dengan brake cleaner ini kotoran langsung larut seperti terkena air.Cairan ini mudah kering jadi tidak akan berbahaya untuk system rem di kendaraan.Dengan semprotan secukupnya maka rem akan bersih dan bebas dari debu dan kotoran lainnya.

Daya pengereman tidak begitu kuat sehingga rem bekerja tidak maksimal.Untuk itu perlu dilakukan service terhadap rem dikendaraan.Dengan cara dibuka rodanya dengan terlebih dahulu kendaraan diangkat.Dengan menggunakan cairan brake part cleaner maka system rem akan mudah untuk dibersihkan.

Itu adalah untuk pemeriksaan yang ringan dengan kondisi kendaraan digunakan ditempat yang normal.Jika kendaraan sering dipakai ditempat yang extream maka sebaiknya perlu dilakukan over houle semua di system remnya.Dengan brake cleaner maka pembersihan rem akan lebih maksimal juga hasilnya baik.

Rem akan kembali seperti baru bersih dan lebih keset sehingga pengereman akan lebih baik.Cairan braka part cleaner banyak dijual ditoko spare part.Jika memilih produk dari mitsubishi fuso maka dapat anda beli di Bukalapak " Mitsubishi Center ".Dapatkan potongan harga khusus untuk pembelian dalam jumlah banyak.

Dengan satu botol dapat digunakan untuk empat roda sehingga lebih hemat,harga juga murah jadi tidak menguras kantong.Dengan cara ini untuk membersihkan rem tidak perlu membongkar rem seluruhnya sehingga hemat waktu dan biaya.Bisa anda lakukan sendiri dirumah dan tidak perlu kebengkel hanya untuk service rem.

Berbeda jika rem kondisi rembes tidak hanya digunakan brake cleaner namun over houle rem perlu dilakukan.Penggantian seal dan piston jika perlu dilakukan agar tidak terjadi rembesan pada system rem dikendaraan.

Berbeda jika rem bocor atau rem dalam maka perlu dibawa kebengkel untuk service yang lebih detail.Karena jika anda tidak mengetahuinya maka lebih baik dibawa kebengkel terdekat.Kalau hanya untuk membersihkan rem dengan brake part cleaner maka bisa dilakukan sendiri dirumah.


Banyak yang mengabaikan tentang system rem,dengan memeriksa jumlah minyak rem setiap saat maka akan membuat rem tetap dalam kondisi prima.Kerusakan kecil akan segera terdeteksi sehingga bisa langsung diperbaiki untuk kerusakanya.
Share This :