Mitsubishi Pajero Sport Aki Tekor Maka Jangan Lakukan Ini

Mitsubishi Pajero Sport Aki Tekor Maka Jangan Lakukan Ini


Kendaraan selalu dilengkapi dengan fuse atau sakering sebagai pengaman pada system kelistrikanya.Jika tidak ada fuse maka apabila terjadi konslet maka bisa mengakibatkan terbakar pada wiring harnessnya.Bahkan termasuk mobil itu sendiri yang akan ikut terbakar.

Maka sangat penting sekali fungsi dari fuse pada kendaraan.Pada artikel yang saya bahas kali ini tentang central fuse pada kendaraan mitsubishi pajero sport dan triton.Karena untuk model central fuse hampir sama bentuknya.Letaknya juga berada di terminal positif battery yang langsung menempel menjadi satu kesatuan bersama pull accu.

Namun ketika sudah disambungkan maka arus yang dibutuhkan terlalu besar sehingga fuse akan putus.Jika sudah putus maka harus ganti secara assy atau bisa juga dengan cara disambung menggunakan timah solder.Saya sarankan untuk ganti karena fuse sendiri mempunyai daya tahan tegangan dan arus yang maksimal dimana fuse akan putus jika melebihi kapasitasnya.

Yang sering terjadi pada kendaraan pajero atau triton adalah sering fuse central putus dikarenakan salah jumper saat battery kendaraan tekor.Karena ketika kendaraan batterynya tekor diperlukan jumper dari battery lain dengan bantuan kabel.

Kadang ada juga battery yang untuk jumper tiba-tiba rusak dikarenakan ada hentakan arus yang kuat untuk proses start pada kendaraan yang tekor.Dengan hentakan tadi akhirnya ampere didalam battery yang normal langsung drop dan akhirnya juga ikut rusak.


Jika disolder maka apabila ada konslet,fuse tidak akan putus sehingga rwan terjadi konslet terhadap komponen part atau wiring harnessnya.Alangkah baiknya jika kendaraan battery drop tidak kuat starter maka sebaiknya dilepas dan di charging terlebih dahulu.

Jangan asal jumper karena kendaraan akan mengalami kerusakan dalam system kelistrikan engine.Akan banyak fuse yang putus jika kapasitasnya jumper battery melebihi batas kewajaran.
Share This :