Kendaraan selalu dilengkapi dengan fuse atau sakering sebagai
pengaman pada system kelistrikanya.Jika tidak ada fuse maka apabila terjadi
konslet maka bisa mengakibatkan terbakar pada wiring harnessnya.Bahkan termasuk
mobil itu sendiri yang akan ikut terbakar.
Maka sangat penting sekali fungsi dari fuse pada kendaraan.Pada
artikel yang saya bahas kali ini tentang central fuse pada kendaraan mitsubishi
pajero sport dan triton.Karena untuk model central fuse hampir sama
bentuknya.Letaknya juga berada di terminal positif battery yang langsung
menempel menjadi satu kesatuan bersama pull accu.
Namun ketika sudah disambungkan maka arus yang dibutuhkan terlalu
besar sehingga fuse akan putus.Jika sudah putus maka harus ganti secara assy
atau bisa juga dengan cara disambung menggunakan timah solder.Saya sarankan
untuk ganti karena fuse sendiri mempunyai daya tahan tegangan dan arus yang
maksimal dimana fuse akan putus jika melebihi kapasitasnya.
Yang sering terjadi pada kendaraan pajero atau triton adalah
sering fuse central putus dikarenakan salah jumper saat battery kendaraan
tekor.Karena ketika kendaraan batterynya tekor diperlukan jumper dari battery
lain dengan bantuan kabel.
Kadang ada juga battery yang untuk jumper tiba-tiba rusak
dikarenakan ada hentakan arus yang kuat untuk proses start pada kendaraan yang
tekor.Dengan hentakan tadi akhirnya ampere didalam battery yang normal langsung
drop dan akhirnya juga ikut rusak.
Jika disolder maka apabila ada konslet,fuse tidak akan putus
sehingga rwan terjadi konslet terhadap komponen part atau wiring
harnessnya.Alangkah baiknya jika kendaraan battery drop tidak kuat starter maka
sebaiknya dilepas dan di charging terlebih dahulu.
Jangan asal jumper karena kendaraan akan mengalami kerusakan dalam
system kelistrikan engine.Akan banyak fuse yang putus jika kapasitasnya jumper
battery melebihi batas kewajaran.
Share This :
comment 0 komentar
more_vert