Kendaraan L300 terbaru dengan system power steering sudah banyak
perubahan dari sisi engine dan fiturnya.Namun untuk body dan system transmisi
tidak mengalami perubahan yang banyak dan hampir sama.Hanya beda di grill depan
dan beberapa lampu belakang posisinya dan bentuk dari lampu itu sendiri.
Dulu kendaraan L300 yang lama banyak keluhan terjadi dikendaraan
ini yaitu jumlah air radiator selalu berkurang.Hal ini dikarenakan ditempungan
air atau reservoirnya tidak ada karena jatuh.Atau berlubang pecah dikarenakan
berbenturan dengan kipas radiator.
Mengapa hal ini bisa terjadi yaitu karena posisi reservoir ini
terletak dibagian sisi sebelah kiri engine.Jika dilihat kita dari depan ada di
dekat battery kendaraan.Atau tepatnya depan bosh pomp atau injection pumpnya.Reservoir
ini menempel di dudukan yang dapat radiator.Dengan baut ukuran 10 dan hanya
menopang tidak sempurna dan juga tidak kuat dari bahan dudukanya.
Reservoir ini hanyak menempel dengan cara ada celah di rumah reservoir sehingga menempelnya tidak kuat.Lebih lagi jika ada tambahan air didalamnya untuk system pendingin mobil.Maka akan semakin bebanya semakin berat.Dengan adanya keluhan seperti ini maka banyak terjadi jumlah air radiator selalu berkuarang.Bahkan engine terjadi over heat karena system pendingin dikendaraan tidak bekerja dengan baik.
Karena bahan terbuat dari plat tipis dan jika kendaraan jalan
dengan kondisi jalan bergelombang akan berpengaruh besar terhadap dudukan
tampungan air ini.Tampungan akan goyang dan jika tidak kuat akan jatuh.Bisa
langsung jatuh dijalan dan hilang atau masih menempel dan terkena gesekan kipas
radiator.
Dengan adanya banyak keluhan dari pemilik dan pengguna kendaraan
mitsubishi L300 ini.Dari pabrik posisi dari reservoir di pindah
tempat.Lokasinya tidak lagi di depan bosch pomp atau injection pump namun ada
di bawah jok driver.Yaitu sebelah kanan dekat rumah filter udara menempel di
body kendaraan.
Reservoir tetap dihubungkan dengan selang yang menuju ke
radiator.Jadi untuk posisi mesin panas ,air diradiator akan masuk ke reservoir
untuk didinginkan.Dan apabil sudah dingin maka akan kembali keradiator.Proses
ini berlangsung secara terus menerus.
Apabila reservoir ini rusak pecah atau bocor maka akan berakibat
jumlah air radiator akan berkurang sehingga akan timbul engine panas atau over
heat.Apabila sudah terjadi seperti ini maka cylinder head akan panas dan
menyebabkan melengkung.Jadi engine akan bocor saluran air antara cylinder head
dan block cylinder.Oli mesin akan bercampur air.Jika sudah demikian maka engine
perlu di semi over houle untuk memperbaiki cylinder headnya.
Karena lokasinya jika jatuh masih akan disekitar tempatnya karena
ditahan oleh rumah filter udara.Goncangan atau getaran kendaraan tidak
mempengaruhi karena desain dudukan yang lebih baik dan tentunya lebih kuat.
Jadi untuk memeriksa jumlah air radiator di kendaraan maka periksa
di reservoirnya atau tampunganya.Dengan cara membuka jok driver terlebih
dahulu.Namun untuk membuka jok driver sebelumnya harus membuka joka
penumpangnya.Memang ada yang bilang agak ribet untuk memerikas jumlah air
radiator direservoir karena harus membuka jok semua.Namun demi keamanan engine
di system coolingnya maka lokasi reservoir dirubah oleh pabrik.
pentingnya Thermostat pada kendaraan
Kadang pemilik atau driver tidak mengetahui bahwa reservoir atau tampungan air radiator sudah pindah lokasi.Hal ini lebih bagus dari pada posisi sebelumnya,karena resiko terjatuh dan hilang dijalan saat kendaraan berjalan tidak terjadi.Begitu juga dengan kondisi retak dan getar karena gerakan kendaraan dijalan yang gelombang hampir tidak akan terjadi.
Semoga bermanfaat karena dengan adanya keluhan dari konsumen
sehingga pabrik memberikan opsi untuk posisi dari reservoir kendaraan
Mitsubishi l300 sudah pindah posisinya.
Share This :
comment 0 komentar
more_vert