Hal Yang Sering Terjadi Pada Transmisi Mitsubishi Colt Diesel Canter

Hal Yang Sering Terjadi Pada Transmisi Mitsubishi Colt Diesel Canter


Pada artikel kali akan membahas tentang kendaraan Mitsubishi canter yang sering terjadi kerusakan di transmisinyaPada kendaraan truck khususnya mitsubishi canter sering mengalami kerusakan pada counter gearnya atau biasa di bengkel umum kita sebutnya gigi renteng.Untuk bahasa tekniknya adalah counter gear yang dimana komponen ini sering mengalami gigi patah terutama pada gigi mundur.

Kerusakan ini diakibatkan oleh cara pengoperasian kendaraan yang kurang tepat.Karena sering terjadi pada kendaraan tipe dump khsusnya untuk muatan berat.Dimana driver sering memaksa gigi transmisi untuk dapat menggerakan kendaraan yang terjebak dalam lumpur atau saat roda belakang selip.

Karena dipaksa dan beban kendaraan juga berat maka dapat mengakibatkan gigi transmisi tidak bisa menahan putaran engine yang over running.Hal lain juga bisa diakibatkan oleh bearing yang sudah aus atau play terlalu banyak.Sehingga saat transmisi berputar tidak pada porosnya dan gigi transmisi tidak tepat persinggungannya.

Untuk mnghindari hal semacam ini maka lakukan penggantian oli trasmisi secara rutin yaitu setiap 40.000 km.Karena saat kita menguras oli akan terlihat serbuk besi yang menempel pada baut penutup tap oli transmisi.

Perlu diketahui jika serbuk besi sudah terlalu banyak maka bisa saja bearing sudah aus sehingga perlu dilakukan pemeriksaan agar tidak terjadi kerusakan yang lebih fatal,terutama kerusakan pada counter gear.Hal yang terjadi jika mengalami keruskan adalah adanya suara abnormal pada transmisi.


Jika kerusakan terjadi pada gigi yang berhubungan dengan kecepatan maka suara abnormal hanya timbul saat kendaraan berjalan.Berbeda jika suara timbul waktu kendaraan diam stasioner maka bisa jadi bearing penyebab kerusakan itu.

exhaust brake mitsubishi canter

Bearing pada bagian output shaft adalah yang sering mengalami kerusakan sehingga selalu periksa serbuk besi ketika kendaraan melakukan tap oli transmisi.Dikarenakan untuk baut tap bagian ujungnya ada sebuah magnet sehingga ketika ada serbuk besi hasil gesekan komponen transmisi mitsubishi canter maka akan mengumpul di baut tersebut.

Share This :