Kendaraan colt diesel banyak yang mengeluhkan untuk system
transmisinya dimana kendaraan ada suara abnormal ketika jalan.Untuk posisi
kendaraan diam dan stasioner suara juga kasar namun tidak sekeras waktu
kendaraan jalan.
Untuk kali ini saya akan membagikan tips agar kendaraan anda tetap
terawat pada gigi transmisinya.Hal ini di karenakan trouble yang saya alami ini
merupakan trouble yang terjadi pada kendaraan colt diesel canter yang mengalami
masalah bunyi glak-glak pada transmisinya saat kendaraan berhenti dan mesin
dalam keadaan stasioner.
Bunyi glak-glak terdegar sangat keras dan muncul dari dalam
transmisi,ketika kopling di injak maka suara tersebut hilang.Jadi analisa saya
adalah trouble muncul dari mekanisme gear di dalam transmisi.
Di lakukan pembongkaran terhadap transmisi tersebut dan hasilnya
memang terlihat ada sebagian gigi transmisi yang patah.Gear patah terjadi pada
counter gear atau istilah bengkel adalah gigi renteng.Dan gear yang satunya
biasanya adalah gear yang berhubungan langsung dengan gigi counter yang rusak
tadi.
Kali ini untuk gear yang patah adalah untuk gigi no empat.Jadi
untuk penggantiannya adalah ganti gigi renteng atau counter gear dengan gigi
transmisi no empat.Untuk counter gear karena menjadi satu kesatuan maka
gantinya pun harus secara assy.
Sebaiknya jika sudah di lakukan penggantian kedua gear tadi maka
ganti juga bearingnya karena usia bearing juga berpengaruh terhadap suara dan
beban dari transmisi terutama saat kendaraan dalam muatan berat.Untuk
mengantisipasi kerusakan seperti ini maka ganti oli transmisi sesuai dengan
buku pedoman service kendaraan baru yaitu di ganti secara berkala setiap tiga
puluh ribu kilometer.
penyebab gardan mbengung pada canter
Dari analisa ini penyebab gear counter dan gear transmisi bisa
patah bisa di sebabkan oleh pemakaian gigi kecepatan tinggi dengan putaran
mesin rendah.Karena hal ini putaran mesin dan perbandingan gigi tidak seimbang
apalagi jika kendaraan muatan berat maka bisa menyebabkan gear patah saat
kendaraan mulai di jalankan.Terutama saat angkatan pertama di karenakan ada
hentakan yang keras dari putaran di dalam transmisi.
Share This :
comment 0 komentar
more_vert