Dalam artikel ini saya akan menulis tentang masalah di Mitsubishi colt
diesel canter.Berbicara tentang kendaraan mitsubishi colt diesel canter disini
saya akan berbagi cerita tentang kendaraan customer yang mengalami boros
oli.Disini kita berbicara boros tidak hanya pada bahan bakar saja namun
kendaraan customer ini mengalami boros oli.
Dimana jumlah oli mesin selalu berkurang ketika kendaraan berjalan
setelah beberapa hari.Oli ditambahkan sesuai posisi level stick oli namun
jumlahnya selalu berkurang ketika setelah dua hari kendaraan berjalan.
Ini bisa disebabkan beberapa hal antara lain jumlah oli berkurang
karena ada kebocoran oli mesin di Mitsubishi colt diesel canter.Kita lihat dari
kondisi mesin apakah ada rembesan atau kebocoran oli mesin.Bisa jadi oli
berkurang keluar lewat seal atau gasket yang sudah rusak.
Oli mesin berkurang bisa karena ikut terbakar didalam ruang
bakar.Ini dikarenakan ring piston sudah aus sehingga oli mesin naik keatas
kedalam ruang bakar akibatnya lama-kelamaan jumlah oli mesin akan berkurang.dan
bisa fatal akibatnya jika kendaraan sampai kehabisan oli mesin.
Setelah itu customer melakukan over houle engine untuk mengganti
piston dan silinder liner bersama ring pistonnya.Kendaraan sudah selesai diover
houle dan dinyalakan kemudian dibawa customer pulang untuk bekerja.Selang
beberapa hari kendaraan diperiksa jumlah stick oli mesin dan hasilnya oli
berkurang.Trouble masih seperti semula sehingga analisa ring piston aus kurang
tepat.
Dalam hal ini kendaraan colt diesel canter dilengkapi dengan turbo
charger dan pada bagian tengah dari turbin dilengkapi dengan jalur
pelumasan.Oli adalah pelumasan terbaik didalam engine sehingga selain melumasi
komponen didalam mesin juga melumasi turbo charger.Karena bagian ini sangat
panas dan turbine selalu berputar maka sangat perlu sekali dilakukan pelumasan
dari oli mesin.
Apabila turbo charge sudah aus pada turbinenya maka system
pelumasan tidak maksimal sehingga oli masih ikut mengalir.Jika ausnya dibagian
yang berhubungan dengan intake manifold maka oli akan rembes atau bocor ke
dalam system intake manifold.Bisa masuk kedalam saluran udara masuk ke intercooler
dan akhirnya masuk kedalam ruang bakar dan ikut terbakar.Oli akan juga
berkurang lewat jalur pelumasan turbo yang sudah rusak.
Dengan mengganti turbo charge pada bagian turbinenya maka trouble
oli berkurang sudah teratasi.Karena setelah mengganti part tersebut customer
melakukan pemeriksaan engine oil setelah beberapa hari perbaikan yang
terakhir,ternyata hasilnya sudah normal kembali.Jumlah oli mesin tidak
berkurang dan posisinya pas.
Penyebab temperatur panas pada canter
Kesimpulan dari trouble shooting kendaraan mitsubishi canter yang
jumlah olinya selalu berkurang dapat disebabkan oleh turbine dari turbocharge
yang sudah aus.Hal ini dikarenakan perawatan penggantian oli mesin yang tidak
rutin.Dengan melakukan penggantian oli mesin secara rutin maka kemungkinan
kecil turbocharge mengalami kerusakan.
Share This :
comment 0 komentar
more_vert