CYLINDER LINER AUS PARAH !!! Inilah Alasan Mengapa Engine Diesel Perlu Di OVER HOULE

CYLINDER LINER AUS PARAH !!! Inilah Alasan Mengapa Engine Diesel Perlu Di OVER HOULE

Bukan hanya bahan bakar boros yang sering dikeluhkan oleh pemilik kendaraan.Kadang ada juga yang mengeluhkan olimesinnya cepat habis.Padahal setelah dicek ternyata ada kebocoran di bagian enginenya sehingga oli akan keluar dari bagian tersebut.

Mobil yang datang ke bengkel kali ini dengan keluhan konsumsi oli mesin yang boros.Dari cerita pemilik kendaraan oli di isi satu liter setiap dua minggu sekali.Setiap 2 minggu dan dilakukan pemeriksaan jumlah oli dari stick oli selalu oli mesin berkurang.

Dimana oli yang berkurang ini mobil dibawa kebengkel untuk pemeriksaan.Yang tadi sebelumnya hanya nambah satu liter sekarang setelah beberapa bulan bertambah untuk isi oli mesinnya.Maka langsung kami analisa dan di periksa dari enginenya.

Dilihat dari kondisi engine dalam keadaan kering dan tidak ada kebocoran.Jika ada rembesan atau kebocoran maka jumlah oli mesin dapat dipastikan akan berkurang.Untuk kendaraan ini tidak ada kebocoran maka langsung dilakukan test kompresi.

Untuk test kompresinya terlihat setiap cylinder berbeda dan hanya perbedaannya sedikit.Untuk stndartnya juga masih masuk sehingga kompresi termasuk dalam kondisi baik.Ini terjadi ada mesin diesel jadi sesuai dengan pengalaman yang terjadi jika kompresi masih bagus dan konsumsi oli mesin boros maka bisa jadi cylinder liner sudah ngantong atau aus.

Eksekusi bongkar cylinder head untuk melihat kondisi dari cylinder linernya.Dan ternyata setelah cylinder head terlepas memang benar terjadi untuk cylinder liner sudah aus.Dari liner sisi paling atas yang tidak terkena piston dengan posisi liner yang terkena gesekan ring piston ada perbedaan.

Untuk yang bergesekan dengan piston mengalami keausan yang mendalam.Meskipun tadi dicek kompresi masih dalam keadaan bagus namun untuk mesin diesel berbeda.Karena kami menemui banyak kasus seperti ini.

Berbeda untuk mesin bensi tidak seperti ini karena ketika jumlah oli berkurang maka langsung diketahui bahwa kompresi yang turun dari standartnya.Karena jika cylinder liner sudah aus maka langsung kompresi turun.

Baca juga Tips dan Cara agar karet wiper di mobil tidak cepat rusak

Kemudian engine di over houle dan diganti liner bersama piston,perpak dan gasket juga komponen lain yang rusak diganti.Kami pasang kembali dan engine siap untuk distart dan test driver.Mobil dibawa pulang pelanggan kemudian di follow up dan hasilnya tidak muncul lagi konsumsi oli mesin yang boros.Jumlah oli mesinya selalu sesuai dengan yang ada di stick oli mesin ketika di periksa yaitu posisi garis atas.

Info service Penyebab engine mati sendiri pada mitsubishi colt t 120 ss

Share This :