Bukan hanya bahan bakar
boros yang sering dikeluhkan oleh pemilik kendaraan.Kadang ada juga yang
mengeluhkan olimesinnya cepat habis.Padahal setelah dicek ternyata ada
kebocoran di bagian enginenya sehingga oli akan keluar dari bagian tersebut.
Mobil yang datang ke
bengkel kali ini dengan keluhan konsumsi oli mesin yang boros.Dari cerita
pemilik kendaraan oli di isi satu liter setiap dua minggu sekali.Setiap 2
minggu dan dilakukan pemeriksaan jumlah oli dari stick oli selalu oli mesin
berkurang.
Dimana oli yang
berkurang ini mobil dibawa kebengkel untuk pemeriksaan.Yang tadi sebelumnya
hanya nambah satu liter sekarang setelah beberapa bulan bertambah untuk isi oli
mesinnya.Maka langsung kami analisa dan di periksa dari enginenya.
Dilihat dari kondisi
engine dalam keadaan kering dan tidak ada kebocoran.Jika ada rembesan atau
kebocoran maka jumlah oli mesin dapat dipastikan akan berkurang.Untuk kendaraan
ini tidak ada kebocoran maka langsung dilakukan test kompresi.
Untuk test kompresinya
terlihat setiap cylinder berbeda dan hanya perbedaannya sedikit.Untuk
stndartnya juga masih masuk sehingga kompresi termasuk dalam kondisi baik.Ini
terjadi ada mesin diesel jadi sesuai dengan pengalaman yang terjadi jika
kompresi masih bagus dan konsumsi oli mesin boros maka bisa jadi cylinder liner
sudah ngantong atau aus.
Eksekusi bongkar
cylinder head untuk melihat kondisi dari cylinder linernya.Dan ternyata setelah
cylinder head terlepas memang benar terjadi untuk cylinder liner sudah aus.Dari
liner sisi paling atas yang tidak terkena piston dengan posisi liner yang
terkena gesekan ring piston ada perbedaan.
Untuk yang bergesekan
dengan piston mengalami keausan yang mendalam.Meskipun tadi dicek kompresi
masih dalam keadaan bagus namun untuk mesin diesel berbeda.Karena kami menemui
banyak kasus seperti ini.
Berbeda untuk mesin
bensi tidak seperti ini karena ketika jumlah oli berkurang maka langsung
diketahui bahwa kompresi yang turun dari standartnya.Karena jika cylinder liner
sudah aus maka langsung kompresi turun.
Baca juga Tips dan Cara agar karet wiper di mobil tidak cepat rusak
Kemudian engine di over houle dan diganti liner bersama piston,perpak dan gasket juga komponen lain yang rusak diganti.Kami pasang kembali dan engine siap untuk distart dan test driver.Mobil dibawa pulang pelanggan kemudian di follow up dan hasilnya tidak muncul lagi konsumsi oli mesin yang boros.Jumlah oli mesinya selalu sesuai dengan yang ada di stick oli mesin ketika di periksa yaitu posisi garis atas.
Info service Penyebab engine mati sendiri pada mitsubishi colt t 120 ss
comment 0 komentar
more_vert