Artikel yang saya buat kali ini tentang system pelumasan pada
kendaraan.semua kendaraan yang berjalan pasti membutuhkan pelumasan di bagian
mesinya,ini di karenakan agar mesin yang berputar tidak langsung bergesekan
dengan sesama komponen di dalam mesin itu sendiri,oleh karena itu sistem
pelumasan sangat di butuhkan di dalam suatu mesin di kendaraan.
LUBRICATION
Sifat Oli dan Grease
1.Melumasi
2.Mendinginkan
3.Membersihkan
4.Menaylurkan tenaga
Fungsi Oli dan grease
1.Mengurangi gesekan,mencegah keausan dan kemacetan
2.menhambat kenaikan temperatur
3.Menjaga kerapatan dan kekedapan udara
4.Mencegah karat
5.Sebagai pembersih
6.Meredam guncangan
Kekentalan oli di tentukan oleh nilai SAE ( Society Of Automobile
engineers)yg di bagi menjadi 2 yaitu:
1.Single grade oil ---- SAE 40
2.Multi grade oil ------SAE
20W-40
20 = Kekentalan oil di suhu 17,8 Derajat
Celcius
W = Winter
40 = kekentalan oil di temperatur tinggi 98.9 Derajat Celcius
Semakin rendah dari nilai SAE nya maka kekentalan oli akan semakin
encer dan semakin tinggi nilai dari SAE nya maka oli tersebut semakin
kental.maka setiap mobil berbeda beda pemakaian oli nya di setiap negara karena
di berbagai negara berbeda musim.
Klasifikasi dari oli itu sendiri di tentukan oleh API (American
Petroleum Institute) yang menentukan dari mutu suatu oli
1.API
Clasification Gasoline Engine
SA,SB,SC,SD,SE,SF,SG,SH
( S=Spark dan A,B,C,D dst tingkat kualitas)
2.API
Clasification Diesel Engine
CA,CB,CD,CC,CD,CE,CF,CG,CH
(C = Compresion dan A,B,C,D,dst tingkat kualitas)
Jika huruf ke dua makin menjauh dari huruf A maka mutu oli itu
semakin baik(Oli dengan API SG lebih bagus dari pada oli API SC.
Komponen-Komponen utama dalam sistem pelumasan yang paling utama
adalah sbb:
1.Oil Pan
Berfungsi untuk menampung oli di dalam mesin
2.Oil Strainer
Berfungsi untuk meyaring kotoran kasar yang ada di dalam
oli
3.Oil Pump
Berfungsi untuk memompa dan menyalurkan oli ke bagian
komponen-komponen yang bergerak di
dalam mesin
4.Oil Filter
Berfungsi untuk menyaring kotoran halus di dalam oli
5.Relief valve
Berfungsi untuk mengontrol tekanan oli agar tidak terjadi
tekanan oli dari oil pump yang berlebihan dengan cara menyalurkan oli kembali
ke oil pan sesuai dengan pembukaan valve itu sendiri (0.4 kg/cm)
6.By Pass Valve
Berfungsi sebagai jalur by pass oli ke komponen mesin
saat filter oli tersumbat,sehingga komponen tidak rusak/aus saat filter oli
tersumbat,By Pass Valve akan terbuka jika tekanan oli mencapai 1 kg/cm
7.Oil Pressure Switch
Berfungsi untuk mengetahui tekanan oli yang di
hasilkan oleh pompa oli,jika tekanan telah sesuai standar maka indikator lampu
oli di dashboard akan mati.menandakan sistem pelumasan bekerja dengan baik.
Info service Mitsubishi Canter tidak ada tenaga ini penyebabnya
Pada setiap kendaraan agar mesin dalam kondisi prima dan mesin
dapat berumur panjang maka gantilah oli mesin dan filter oli secara berkala
sesuai dengan buku petunjuk service yang di keluarkan oleh ATPM kendaraan
masing-masing.
Oli terbaik untuk mobil modern
Share This :
comment 0 komentar
more_vert