Pada kendaraan diesel dengan system common rail di wajibkan untuk
menggunakan bahan bakar dengan kualitas baik.Tidak menggunakan bio solar namun
menggunakan kelas di atasnya seperti dexlite.Karena system common rail
menggunakan injektor dan supply pump dengan presisi yang sangat tinggi.
Karena solar tidak hanya sebagai bahan bakar namun sebagai pelumas
pada system di common rail.Sehingga jika kualitas solar buruk menyebabkan
komponen supply pump akan cepat rusak dan tentunya injektor juga mengalami hal
yang sama yaitu rusak karena tersumbat.
Maka diperlukan penyaringan bahan bakar yang sangat baik.Dimana
kendaraan common rail masih ditemui menggunakan bahan bakar solar biasa karena
memang harganya yang terpaut cukup jauh dengan kualitas di atasnya.
Apabila menggunakan solar biasa maka yang perlu diperhatikan
adalah fuel filter atau saringan solarnya.Pasti akan cepat kotor dan
menyebabkan engine check lamp menyala karena aliran bahan bakar tidak lancar
sehingga fuel filter sensor akan memberikan informasi bahwa fuel filter harus
diganti.
Untuk mengatasi hal ini selain rutin mengganti fuel filter bisa
juga dengan menambahkan double fuel filter.Yaitu dengan modif sendiri filter
solarnya dibuat menjadi dua bagian dengan selang yang saling terhubung.Dengan
cara seperti ini maka engine system common rail akan lebih awet karena ada dua
buah penyaringan bahan bakar.
Pemasangan cukup mudah hanya dipasang secara seri sehingga fuel
filter yang pertama akan menyaring bahan bakar langsung dari tangki.Dan yang
kedua untuk menyaring lagi sisa-sisa dari fuel filter yang pertama.
Cara pasang double fuel filter di common rail
Biasanya menggunakan dua buah fuel filter yang berbeda.Dimana fuel
filter yang pertama terlihat seperti pada gambar berfungsi untuk menyaring
kotoran kasar di bahan bakar.Kedua untuk penyaringan halus dan fuel filternya
juga berbeda seperti pada kendaraan all new pajero sport itu sudah menggunakan
fuel filter halus.Sehingga penyaringan bahan bakar sangat baik sekali.
Share This :
comment 0 komentar
more_vert