Tips Untuk Mobil Baru Agar Awet Dan Anti Korosi ( Berkarat )

Tips Untuk Mobil Baru Agar Awet Dan Anti Korosi ( Berkarat )


Artikel kali ini Sobat otomotif dalam dunia perbengkelan ada yang namanya perawatan berkala pada kendaraan.Yaitu perawatan rutin pada mobil setiap kilometer tertentu pada kendaraan sehingga perlu dlakukan penggantian oli mesin dan spare part komponen yang lainya.

Agar kendaraan selalu awet dan terhindar dari kerusakan yang secara tiba-tiba dan juga mogok dijalan.Untuk itu lakukan service berkala secara rutin pada kendaraan anda.Tidak hanya service rutin namun juga service perawatan kendaraan diluar service rutin baik itu tentang body kendaraan yang meliputi bagian body menyeluruh.
  
Mobil yang sudah berumur akan berpengaruh terhadap korosi di bagian kendaraan.Jika kita tidak pernah mearawat dari bagian yang sering berpengaruh terhadap korosi maka kerusakan kendaraan akan semakin lebih parah.Tempat yang sering terjadi korosi adalah bagian pintu bawah dan juga di bagian atas roda kendaraan.

Posisi body depan samping dan belakang termasuk bagian bawah kendaraan.Untuk yang body kendaraan terlihat biasanya bisa langsung kita bersihkan dari kotoran namun berbeda untuk bagian bawah kendaraan yang jarang dan hampir tidak pernah kita lihat atau diperhatikan.

Untuk itu selalu bersihkan dengan air ketika kendaraan setelah kehujanan atau terkena kotoran lumpur.Setelah dibersihkan maka perlu dilakukan pembersihkan menggunakan solar agar terhindar dari korosi.Untuk engsel pintu juga perlu pelumasan agar tidak terjadi korosi ditempat tersebut.

Hal yang sering terjadi penyebab korosi adalah kotoran yang menempel di mobil.Bagian bawah kendaraan yang tidak terlihat dan bagian atas roda adalah tempat paling sering terjadi korosi.Dengan menjaga kebersihkan dibawah kendaraan terutama body bawah maka kemungkinan korosi dapat dihindari.

Selain itu ketika anda beli kendaraan baru sebaiknya dilakukan antirust anti karat untuk body kendaraan.Seluruh body kendaraan akan dilindungi sebuah lapisan seperti cat yang akan melindungi body kedaraan.Meskipun pada kendaraan sudah dilengkapi dengan anti karat dari pabrik yaitu bawaan dari kendaraan namun anti karat terssebut tidak menyeluruh.


Masih perlu dilakukan anti karat ulang dengan lapisan yang lebih tebal dan juga di semua area body kendaraan yang sering terkena air dan kotoran.Hal ini dapat dilakukan di semua bengkel cat atau bengkel khsusus yang sudah menyediakan anti karat.
  
Berbeda untuk kendaraan niaga untuk angkut ikan maka setelah dilakukan anti karat maka perlu dilakukan perawatan rutin setiap minggu bahkan setiap hari jika perlu.Pelumasan dengan menyemprotkan oli atau solar ke bagian bawah kendaraan agar terhindar dari korosi di chasis dan body kendaraan.

Video modifikasi canter engkel type Dump

Dengan demikian maka kerusakan atau keropos pada body kendaraan akan dapat bertahan lebih lama dibandingkan dengan kendaraan yang tidak menggunakan anti karat.Meskipun anda baru mendapatkan mobil second maka perlu juga dilakukan anti karat agar kendaraan lebih awet body nya.


Perawatan seperti itu dapat dilakukan sendiri dirumah agar body dan chasis kendaraan selalu awet.Karena dengan body yang korosi maka pelu dilakukan perbaikan body repair.Dan perbaikanya untuk body repair sendiri termasuk cat memerlukan biaya yang tidak sedikit.
Share This :