Artikel kali ini Sobat otomotif dalam dunia perbengkelan ada yang namanya perawatan
berkala pada kendaraan.Yaitu perawatan rutin pada mobil setiap kilometer
tertentu pada kendaraan sehingga perlu dlakukan penggantian oli mesin dan spare
part komponen yang lainya.
Agar kendaraan selalu awet dan terhindar dari kerusakan yang
secara tiba-tiba dan juga mogok dijalan.Untuk itu lakukan service berkala
secara rutin pada kendaraan anda.Tidak hanya service rutin namun juga service
perawatan kendaraan diluar service rutin baik itu tentang body kendaraan yang
meliputi bagian body menyeluruh.
Mobil yang sudah berumur akan berpengaruh terhadap korosi di
bagian kendaraan.Jika kita tidak pernah mearawat dari bagian yang sering
berpengaruh terhadap korosi maka kerusakan kendaraan akan semakin lebih
parah.Tempat yang sering terjadi korosi adalah bagian pintu bawah dan juga di
bagian atas roda kendaraan.
Posisi body depan samping dan belakang termasuk bagian bawah kendaraan.Untuk yang body kendaraan terlihat biasanya bisa langsung kita bersihkan dari kotoran namun berbeda untuk bagian bawah kendaraan yang jarang dan hampir tidak pernah kita lihat atau diperhatikan.
Untuk itu selalu bersihkan dengan air ketika kendaraan setelah
kehujanan atau terkena kotoran lumpur.Setelah dibersihkan maka perlu dilakukan
pembersihkan menggunakan solar agar terhindar dari korosi.Untuk engsel pintu
juga perlu pelumasan agar tidak terjadi korosi ditempat tersebut.
Hal yang sering terjadi penyebab korosi adalah kotoran yang
menempel di mobil.Bagian bawah kendaraan yang tidak terlihat dan bagian atas
roda adalah tempat paling sering terjadi korosi.Dengan menjaga kebersihkan
dibawah kendaraan terutama body bawah maka kemungkinan korosi dapat dihindari.
Selain itu ketika anda beli kendaraan baru sebaiknya dilakukan
antirust anti karat untuk body kendaraan.Seluruh body kendaraan akan dilindungi
sebuah lapisan seperti cat yang akan melindungi body kedaraan.Meskipun pada
kendaraan sudah dilengkapi dengan anti karat dari pabrik yaitu bawaan dari
kendaraan namun anti karat terssebut tidak menyeluruh.
Info teknik Penyebab Mobil Susah Hidup Pada Diesel Engine
Masih perlu dilakukan anti karat ulang dengan lapisan yang lebih
tebal dan juga di semua area body kendaraan yang sering terkena air dan
kotoran.Hal ini dapat dilakukan di semua bengkel cat atau bengkel khsusus yang
sudah menyediakan anti karat.
Berbeda untuk kendaraan niaga untuk angkut ikan maka setelah
dilakukan anti karat maka perlu dilakukan perawatan rutin setiap minggu bahkan
setiap hari jika perlu.Pelumasan dengan menyemprotkan oli atau solar ke bagian
bawah kendaraan agar terhindar dari korosi di chasis dan body kendaraan.
Video modifikasi canter engkel type Dump
Dengan demikian maka kerusakan atau keropos pada body kendaraan akan dapat bertahan lebih lama dibandingkan dengan kendaraan yang tidak menggunakan anti karat.Meskipun anda baru mendapatkan mobil second maka perlu juga dilakukan anti karat agar kendaraan lebih awet body nya.
Perawatan seperti itu dapat dilakukan sendiri dirumah agar body
dan chasis kendaraan selalu awet.Karena dengan body yang korosi maka pelu
dilakukan perbaikan body repair.Dan perbaikanya untuk body repair sendiri
termasuk cat memerlukan biaya yang tidak sedikit.
Share This :
comment 0 komentar
more_vert