Mitsubishi pajero th.2010 saat mesin mau dihidupkan harus menekan tongkat transmisi yg P matic

Mitsubishi pajero th.2010 saat mesin mau dihidupkan harus  menekan tongkat transmisi yg P matic


Mitsubishi pajero sport generasi pertama tahun 2009 dan seterusnya sudah mulai banyak yang trouble ditransmisinya.Untuk pajero lama menggunakan type transmisi matic pasti pernah mengalami kelhan tentang kendaraan tidak bisa jalan pada posisi D.

Meskipun kendaraan pada posisi D tidak mau bergerak maju akan tetapi untuk kendaraan mundur ke posisi R bisa berjalan mundur.Itu ternyata kerusakan ada di inhibitor switch pada kendaraan mitsubishi pajero sport.

Begitu juga untuk trouble kendaraan yang tidak bisa distarter pada posisi P atau N.Karena untuk kendaraan matic selain posisi itu engine tidak dapat digunakan untuk start motor starter.Hal ini dikarenakan  sebagai pengaman pada kendaraan bahwa  ketika posisi D kendaraan bsa distarter maka dikhawatirkan mobil akan langsung melaju dan akahirnya akan terjadi kecelakaan yang tidak di inginkan.

Maka dari itu harus digunakan posisi P dan N agar kendaraan dapat dilakukan start engine.Meskipun kendaraan pada posisi P atau N ternyata kadang eror juga.Kendaraan masih tidak bisa dilakukan start engine.Hal itu dapat di analisa dengan cara seperti ini.

Jika handle transmisi pada posisi P maka di indikator dashboard harus ada atau muncul P.JIka muncul indikator itu maka engine dapat distarter dan kebalikanya jika indikator kosong tidak muncul huruf P maka engine pasti tidak dapat distarter.

Baca juga cara kerja injector pada diesel engine common rail system

Begitu juga pada posisi N atau netral harus muncul N di indikatornya dashboard.Jika  tidak muncul juga sama  tidak akan bisa motor starter bekerja.Itu merupakan kerusakan pada inhibitor switchnya.Yaitu komponen yang ada pada transmisi kendaraan sehingga jika harus memeriksanya harus melepas dari body tranmisi maticnya.

fungsi tombol matic xpander

Kadang ada yang seperti ini yaitu handle transmisi di geser sedikit baru indikator P muncul di dashboard sehingga engine baru bisa distarter.Jika seperti ini maka coba terlebih dahulu stel posisi inhibitor switch transmisi matic pada mitsubishi pajero sport.

Dengan penyetelan yang pas di tuas matic dan rumah dari inhibitor switch yang ada di body tranmisi.Jadi saat pemasangan tidak asal pasang namun harus mengerti ada setelan yang cocok dan pas sesuai dengan posisi handle transmisi yang ada didalam kabin mobil.

Info teknik mengetahui ciri-ciri air radiator mobil rembes
Share This :