Sekarang kita akan mengulas tentang Injector pada system common
rail,untuk injector pada mesin diesel yang masih konvensional bekerja
berdasarkan tekanan bahan bakar yang mengalahkan kekuatan spring di dalam
inejector,sehinga bahan bakar keluar dari injector berupa kabut untuk dapat
terbakar di ruang bakar sehingga mesin hidup.
Untuk kendaraan Common Rail System,Injector di kontrol oleh engine
control unit ( ECU ) berdasarkan masukan dari sensor-sensor.Tekanan yang di
hasilakan injector konvensional yang di dapat dari tekanan dalam punger di
injection pump lebih rendah dari pada tekanan bahan bakar yang di hasilkan dari
tekanan plunger di Supply Pump.
Sehingga dengan tekanan bahan bakar yang tinggi membuat mesin
menjadi halus,irit bahan bakar dengan pengabutan yang sempurna tenaga yang di
hasilkan juga sangat luar biasa.
Sekarang kita akan membahas tentang Injector pada Common Rail
System.Injector yang di kontrol oleh ECU itu di atas injector ada socket dengan
tiga terminal yaitu tegangan dari ECU,control ground dan Control untuk ECU.
Untuk pembukaan valve sepenuhnya di kontrol oleh ECU dengan
meng-ON kan solenoid pada injector maka magnet dalam injector dapat menarik
plunger ke atas sehingga bahan bakar dengan tekanan yang sangat tinggi dapat
keluar berupa kabut,dan jika solenoid OFF maka plunger akan kembali tertarik
kebawah efek dari return tekanan spring dan valve akan menutup.
Sisa hasil dari penginjeksian bahan bakar akan di kembalikan
melalui saluran kemabali pada injector.Cara kerja sederhana dari injector
pada common rail system.
Untuk mengaktifkan solenoid pada injector yaitu dari EDU
(electronit Drive Unit ) yang ada di dalam ECU (Engine Control Unit ).Fungsinya
dari EDU yaitu mengalirkan tegangan sampai 85 volt ke injector sehingga
penginjeksian terjadi sangat cepat seperti kedipan mata manusia yaitu 300-400
msec.
Pada injector yang kita bahas ini injector terjadi dua kali
penginjeksian yaitu pilot injection dan main injection.Untuk pilot injection
berfungsi sebagai pemanasan runag bakar dan juga untuk mengurangi suara kasar
pada mesin.Jadi kebanyakan untuk mesin diesel common rail suaranya lebih halus
di bandingkan mesin diesel konvensional.
penyebab bunyi berisik saat ac menyala
Main injection adalah injeksi utama di dalam ruang bakar dan
lamanya penginjeksian sepenuhnya pada on dan off solenoid yabg di kontrol oleh
ECU.
Pada mesin diesel common rail yang sudah tingkat gas buangnya
masuk dalam Euro lima di dalam injector terjadi lima kali penginjeksian bahan
bakar yaitu Pilot injection,Pre injection,Main inejction,After injection,Post
injection.
Info teknik penyebab mitsubishi canter boros oli mesin
Share This :
comment 0 komentar
more_vert