Proses development mobil yang ditasbihkan sebagai 'spiritual successor' dari Mercedes-Benz 300 SL "Gullwing" dilakukan secara penuh oleh AMG, sebuah divisi motorsport (pada masanya sebelum menjadi Mercedes-AMG) Mercedes-Benz.Mercedes-Benz pernah menghadirkan SLS AMG dalam versi bodi Coupé dan Roadster, belum termasuk adanya varian spesial mulai dari SLS AMG Coupé Black Series sampai SLS AMG Coupé Electric Drive. Namun bisa dikatakan versi coupe dari Mercedes-Benz SLS AMG yang lebih ikonik dan diincar oleh kolektor otomotif di Indonesia.
1.Engine
Mesin 6.3 liter V8 DOHC yang merupakan
nyawa Mercedes-Benz SLS AMG 2010 sama persis dengan milik C63 AMG dan
E63 AMG. Walaupun kapasitas mesinnya sama dengan keluarga AMG lainnya, tapi SLS
AMG punya tenaga yang lebih besar, 571 hp pada putaran mesin puncak 6800
rpm dan torsi maksimal sebesar 650 Nm pada putaran mesin 4570 rpm.
Mesin ini uniknya ditempatkan secara
front-mid, dimana posisi mesin persis di belakang as roda depan, yang berimbas
pada distribusi bobot 47:53 depan dan belakang. Namun untuk sistem penggerak
diarahkan sepenuhnya ke roda belakang melalui transmisi AMG SPEEDSHIFT DCT
7-percepatan. Dengan torehan performa 'monster', tidak salah jika mobil ini
bisa melesat cepat bak jet fighter dengan torehan 0-100 km/jam dalam
waktu 3.8 detik dan top speed bisa diraih hingga 317 km/jam.
2.Fitur
Otak dari semua keasyikan berkendara
pada Mercedes-Benz SLS AMG 2010 terletak pada AMG Drive Unit. Pada
tombol-tombol yang terletak di central consol berbahan metal ini tersedia
tombol pengaturan mode berkendara sesuai kebutuhan, tombol untuk Keyless-Go
Start Button, ESP® functions, extendable rear spoiler, dan AMG Memory
Function. Tuas transmisi pada Mercedes-Benz SLS AMG
2010 menggunakan E-SELECT selector lever yang memiliki tuas
terinspirasi oleh tuas di pesawat terbang.
Di sisi lain, Mercedes-Benz juga memastikan
teknologi berkendara yang berkaitan terhadap keselamatan berkendara tetap
tersedia. Mulai dari ADAPTIVE BRAKE system, ASR, ESP®, ABS dan
BAS dynamic control systems. Selain itu tersedia sistem keselamatan pasif
berupa 8 airbag dan seatbelt 3 titik di masing-masing jok.
3.Interior
Nuansa retro dan modern seolah berperan besar
terhadap daya tarik interior Mercedes-Benz SLS AMG 2010. Kombinasi
aksen leather merah dan hitam berpadukan detil chrome pada trim lubang A/C,
sukses membawa suasana retro dan nostalgia di dalam ruang dashboard. Adapun
unsur retro bisa ditemukan pada layout panel instrument cluster yang
terkesan klasik. Desainer Mercedes-Benz dan AMG juga dengan cerdasnya mendesain
bucket-seat-nya agar nyaman dan mewah, terutama karena masing-masing jok
dibalut designo Nappa Leather.
Sebaliknya, kesan modern lebih terasa dari hadirnya detil instrument cluster
berupa layar monokrom dengan lampu indikator LED untuk menandakan
waktu upshift. Setir model AMG performance steering wheel hadir sebagai standar
dengan dukungan paddle shift dan multifunction button. Dan pada central
instrument menghadirkan layar infotainment 7 inci COMAND APS dengan
Linguatronic dan Bang & Olufsen BeoSound AMG high-end surround sound
system, serta tombol pengaturan automatic climate control THERMOTRONIC.
4.Exterior
Bentuk bonnet yang panjang membuat mobil ini terasa sensual dengan lekuk pada sisi samping dan lekuk powerdome pada bagian kap mesin. Dari wajah bumper depan, bisa dilihat adanya headlight Bi-Xenon yang diposisikan bersamaan dengan LED Turn Indicator dan LED Daytime Running Lights pada frame vertikal agar selaras desainnya dengan side air intake. Di bagian area radiator grille terdapat logo Mercedes-Benz yang mendominasi besar ditemani wing-shaped cross fins. Pada bagian belakang bonnet depan terdapat sepasang air outlet grilles dengan 2 sirip pada sisi kiri dan kanan, yang meningkatkan karakter agresif di wajah depan Mercedes-Benz SLS AMG 2010.
Engineer Mercedes-Benz dan AMG membangun Mercedes-Benz SLS AMG 2010 dengan postur bodi 4,638 mm x 1,939 mm x 1,252 mm dengan format front-end memanjang, layaknya mobil sport 'angkatan' Mercedes-Benz 300 SL di era 50-an. Hal ini berimbas pada distribusi bobot 47% untuk bagian depan dan 53% diserahkan pada bagian belakang.
Baca juga GURAH mesin mobil menjadikan tarikan enteng
Mercedes-Benz menghadirkan lekukan tegas pada sisi samping Mercedes-Benz SLS AMG 2010. Hal ini bertujuan menonjolkan posisi side air outlet dengan dua sirip, serta logo "6.3" berada di tengah sirip sebagai penanda sosok jantung mekanis yang ada di dalam ruang bonnet depan. Untuk akses ke dalam kabin, sudah bisa ditebak bahwa mobil ini memiliki pintu yang terbuka ke atas alias 'gullwing door' dengan tuas handle pintu ada di bagian bawah dan akan tersembunyi saat mobil terkunci atau dalam kondisi berjalan.
Pada buritan belakang Mercedes-Benz SLS AMG 2010 menghadirkan inovasi aerodinamika berupa retractable aerofoil yang akan terbuka pada kecepatan 120 km/jam untuk meningkatkan aerodinamika mobil. Mercedes-Benz menggunakan teknologi LED pada taillight yang didesain dengan format frame horizontal nan ramping. Pada bagian bumper bawah terdapat LED reversing light yang desainnya mengikuti gaya mobil balap F1, serta dipadukan black diffuser insert dan integral tailpipe trims.
Hal positif lainnya dari Mercedes-Benz
SLS AMG 2010 ialah karakter AMG sports suspension dengan format double
wishbone yang mampu bisa mengakomodir stabilitas tanpa mengurangi efek
kenyamanan pada saat yang bersamaan. Handling yang diberikan pengemudi pun bisa
dibaca secara akurat, sehingga proses berpindah lajur bisa semakin cepat dan
presisi. Hal ini pun semakin disempurnakan penggunaan ban
berprofil 'belang'. Bukan belang dalam hal lebar, tapi diameter. Di depan
menggunakan ban 265/35R19 P 98Y sedangkan belakang 295/30R20 P 101Y. Keduanya
dikemas bersamaan pelek 5-twin-spoke AMG light-alloy wheels dan
rem AMG high-performance compound brake system.
Info teknik Mobil mitsubishi XPANDER CROSS pilihan mobil keluarga terbaik
Simak spesifikasi Mercedes-Benz SLS AMG
2010 dalam tabel berikut ini.
Dimensi Mercedes-Benz SLS AMG 2010 |
|
Panjang x Lebar x Tinggi |
4,638 mm x 1,939 mm x 1,252 mm |
Jarak Poros Roda |
2,680 mm |
Mesin Mercedes-Benz
SLS AMG 2010 |
|
Tipe Mesin |
6.3 liter V8 DOHC |
Isi Silinder |
8 silinder |
Daya Maksimum |
571 hp @ 6,800 rpm |
Torsi Maksimum |
650 Nm @ 4,570 rpm |
Kecepatan 0-100 km/jam |
3.8 detik |
Kecepatan Tertinggi |
317 km/jam |
Transmisi |
AMG SPEEDSHIFT DCT 7-percepatan |
Kaki-Kaki
Mercedes-Benz SLS AMG 2010 |
|
Suspensi Depan & Belakang |
Aluminium double wishbone axle,
AMG Sports Suspension, Coil springs, gas-filled shock absorbers/coil
springs, gas-filled shock absorbers |
Sistem Rem |
AMG high-performance compound
brake system |
Tipe Pelek |
5-twin-spoke AMG light-alloy
wheels (19 inch + 20 inch) |
Ban Depan |
265/35R19 P 98Y |
Ban Belakang |
295/30R20 P 101Y |
comment 0 komentar
more_vert