Ganti WATER PUMP di Mitsubishi All New Pajero Sport_Suara Abanormal by Mas Edy

Ganti WATER PUMP di Mitsubishi All New Pajero Sport_Suara Abanormal by Mas Edy


Mitsubishi all new pajero sport pernah datang ke bengkel yang mengeluhkan ada suara abnormal di enginenya.Suara tersebut kadang-kadang muncul dan juga tidak.Suara muncul sering terjadi setelah pulang dari bengkel. 

Yang sebelumnya suara tersebut munculnya sangat jarang sekali setelah diperbaiki dibengkel dan pelanggan pulang suara tersebut semakin sering muncul dan berisik sehngga pemilik kendaraan tidak nyaman akan suara ini.

Waktu datang pertama kali kebengkel analisanya yaitu dari fan belt power steering dan fan belt alternator yang kering.Sehingga dikasih pelumas sedikit dan tegangan fanbelt dikencangkan.Dibengkel sudah tidak timbul suara lagi sehingga mobil akan pulang selesai perbaikan. 

Kemudian setelah beberapa hari muncul suara abnormal lagi yang lebih parah sehingga kendaraan balik bengkel.Analisa diperlukan penyebab suara abnoral tersebut muncul.Fan belt power steering dilepas masih timbul suara abnormal kemudian fan belt alternator dilepas baru tidak muncul suara tersebut. 

Semua komponen yang berputar dari alternator,power steering,bearing tensioner dan water pump kami puatr secara manual.Dan ternyata diwater pump timbul suara abnormal seperti bearing yang bermasalah.Langsung di bongkar dan dilakukan pemeriksaan lebih detail.Ternyata memang ada kerusakan di water pumpnya.

Baca juga Fungsi Shock Absorber pada mobil yang sangat penting

Terlihat juga ada bekas air radiator yang ada di sekitar water pump menandakan adanya kebooran air.Seal water pump sudah rusak sehingga masuk kedalam bearing dan membuat bearing kemasukan air akhirnya menjadi kering dan timbulah bunyi abnormal tersebut.

Sebenarnya ada rembesan air cooling ini sudah menjadi identifikasi bahwa water pump sudah mulai rusak.Karena adanya rembesan air dikarenakan adanya seal yang sudah mulai rembes.Jika dibiarkan maka air cooling semakin lama akan menjadi habis dan penyebab engine over heat.


Setelah penggantian water pump assy dan dipasangkan dikendaraan mitsubishi all new pajero sport,trouble suara abnormal tidak muncul lagi.Setelah dilakukan test drive dan juga engine digeber tidak ada masalah suara abnormal di engine All New Pajero Sport.Pelanggan merasa puas ata perbaikan kendaraanya dan suara engine menjadi lebih halus.

Info service Gurah Mesin_Service mudah agar tarikan engine kembali responsif

Share This :