Suara Abnormal Di Suspensi Belakang pada Mobil,Ini Penyebabnya_Mas Edy

Suara Abnormal Di Suspensi Belakang pada Mobil,Ini Penyebabnya_Mas Edy


Sering kita jumpai trouble pada kendaraan tentang bunyi abnormal,baik itu bunyi di bagian engine,transmisi,roda atau juga pada bagian suspensi.Untuk itu di artikel kali ini saya akan bahas yang sederhana tentang bunyi abnroaml di suspensi.

Pernahkah anda temukan trouble yang terjadi pada mobil anda suara abnormal dibagian belakang terutama saat melewati jalan yang tidak rata alias jalan rusak.Kletek-kletek atau suara berisik yang terdengar hanya saat melewati jalan jelek,bisa waktu kondisi bermuatan atau dalam keadaan tanpan beban.

Jika dalam kondisi tanpa beban ada bunyi abnormal namun kadang-kadang berbeda dengan kondisi dengan beban penuh timbul suara terus menerus bisa jadi ini ternyata penyebabnya.Konstruksi suspensi belakang mobil apakah masih menggunakan sebuah per daun atau dengan system coil spring dengan lengan ayun.

Untuk kendaraan commercial biasanya masih menggunakan sebiah per daun agar lebih kuat dalam menahan beban muatan bersama body kendaraan.Untuk mobil passanger sudah menggunakan sebuah coil spring dan lengan ayun jadi lebih nyaman ketika dengan muatan atau tanpa beban muatan 

Karena suspensi mobil untuk bagian belakang sangat berbeda sesuai dengan jenis kendaraan.Jika masih menggunakan per daun coba periksa kondisi per daunya.Jika terlihat kotor tertutup oleh lumpur maka bersihkan dan lihat satu persatu apakah ada bagian yang patah untuk salah satu perdaunnya.

Info Teknik Fungsi Shock Absorber Pada Mobil

Posisi patah sangat beragam bisa pada bagian tengah dan juga dibagian ujung yang kadang tidak terlihat sehingga perlu analisa yang lebih tajam terhadap kondisi per daun di suspensi belakang.Biasanya kenapa per belakang itu bisa patah ada beberapa sebab.



Bisa jadi per daun belakang yang patah itu dikarenakan daya elastisitasnya sudah lemas atau kondisi per sudah kaku.Sehingga ketika terkena beban dan mobil berjalan dijalan yang jelek terkena hentakan maka bagian per yang kaku tersebut akan patah.

Jika dibiarkan maka akan menjalar ke per yang lainnya.Karena beban kendaraan akan dialihkan per yang satunya sehingga akan membuat per daun tersebut menjadi patah dibagian yang lain.Jika ada per daun yang patah segera diperbaiki jika perlu ganti dengan per daun yang baru agar tidak menjalar ke per yang lainnya.

Baca juga Tips cara memeriksa mobil mogok dijalan dengan mudah

Share This :