Penyebab Turbo VGT (Variable Geometric Turbo) Mitsubishi Pajero Sport Dakar Bermasalah

Penyebab Turbo VGT (Variable Geometric Turbo) Mitsubishi Pajero Sport Dakar Bermasalah

Mitsubishi pajero sport type dakar sudah dilengkapi dengan sebuah turbo.Di pajero yang type exceed juga da turbonya namun berbeda bentuk dan cara kerjanya.Untuk yang pajero biasa menggunakan turbo konvensional. 

Adanya keluhan di tenaga engine bisa jadi permasalahan ada di turbonya.Jadi saat ada pelanggan datang ke bengkel mengeluhkan tenaga hilang saat tanjakan.Dan ternyata troble ada di tubonya.Sebelumnya masuk ke perbaikan kita akan jelaskan turbo yang ada di pajero dakar.

Berbeda untuk turbo mitsubishi pajero sport type dakat menggunakan turbo type Variable Geometric Turbo ( VGT ).Dimana turbo ini bekerja secara varibale untuk menggerakan  kipas atau baling-baling yang ada di turbo.Gerakan ini menggunakan bantuan udara kevakuman dari engine . 

Udara kevakuman tersebut di atur oleh sebuah solenoid yang menempel di samping cover timing belt.Tepatnya dibawah selang radiator.Solenoid ini diatur oleh sebuah engine control unit (ECU).Tegangan yang masuk ke solenoid secara duty sehingga pergerakan solenoid selalu dipengaruhi oleh masukan dari kondisi beberapa sensor ke ecu. 

Sehingga ecu akan memerintahkan solenoid untuk mengalirkan kevakuman dalam jumlah banyak atau sedikit untuk turbo VGT dapat bergerak minimal atau maksimal.Karena pergerakan turbo ini yang akan mempengaruhi kerja engine agar dapat tenaga dan torsi yang maksimal.

Trouble yang pernah saya alami dikendaraan mitsubishi pajero dakar ini yaitu adanya tenaga tiba-tiba hilang dengan sendirinya.Terutama saat tanjakan tidak ada tenaga meskipun muatan tidak terlalu banyak.

Jadi setelah dilakukan pemeriksaan ternyat semua dalam kondisi normal.Test menggunakan scan tidak bermasalah.Namun ketika engine di akselerasi dilihat di turbo VGT tidak bergerak sama sekali.Dalam hal normal turbo VGT harus bergerak ketika engine di akselerasi agar terjadi tekanan turbo yang lebih tinggi sehingga power engine naik.

Dalam keadaan itu maka ada yang bermasalah.Kita cek kevakuman yang masuk kedalam turbo ternyata tidak ada.Cek arus yang masuk ke solenoid dalam keadaan normal.Kevakuman dari pompa vacum ke solenoid juga dalam kondisi normal.

Info service Switch Penting Untuk Exhaust Brake Di Kendaraan Truck

Hanya saja vacum ini tidak bisa keluar dari solenoid ke turbo vgt.Tidak terjadi kerusakan pada solenoid namun adanya kotoran didalam solenoid sehingga menyumbat aliran kevacuman.Solenoid dibersihkan dan dipasang kembali.


Dibersihkan menggunakan sebuah brake cleaner dan bantuan dari angin kompresor.Sehingga jaur kevacuman menjadi lancar kembali dan yang masuk ke turbo vgt sesuai yang diharapkan oleh solenoid.Banyak sedikitnya udara vacum sangat berpengaruh terhadap kerja turbo VGT.

Baca juga Komponen Penting Engine Untuk System Pelumasan_Oil Screen

Test engine ternyata sudah normal kembali.Saat di akselerasi trubo VGT dapat bergerak dengan baik sesuai dengan putaran engine.Semakin kencang di gas semakin banyak pergerakan dari tubo VGT mitsubishi all new pajero sport.

Share This :