Trouble Di MITSUBISHI LANCER Suara Engien Kasar

Trouble Di MITSUBISHI LANCER Suara Engien Kasar

Ketika kendaraan datang ke bengkel dalam keadaan suara engine yang kasar saat di akselerasi.Dimana suara tersebut dari engine dan terdengar seperti adjuster valve yang bermasalah.Setelah di dengarkan secara sekasama maka suara tersebut bukan dari adjusternya.

Suara berasal dari bagian timing belt namun sebelah kanan yang dekat dengan kompresor ac.Langsung di eksekusi bongkar timing belt dan tidak terjadi sesuatu yang aneh.Timing belt dilepas dan masing-masing balancer sproket diputar.

Ternyata ada yang aneh di balancer bagian bawah kanan.Timbul suara abnormal ketika sproket diputar.Suara dari dalam engine dan perlu dilakukan bongkar carter atau penampung oli mesin.

Kemudian carter kita over houle dan langsung terlihat balancer shaft yang bermasalah.Bhusing lepas dari rumahnya di cylinder block kemudian menimbulkan bunyi karena saat balancer shaft berputar mengenai block cylinder untuk bhusingnya.

Solusi perbaikanya harus ganti bhusing dan balancer sahftnya.Karena mobil tua dan butuh biaya yang banyak untuk pembelian balancer shaftnya dan bhusing.Maka untuk menghemat budget diperlukan ide dan modifikasi dari balancer shaft tersebut.

Yaitu dengan cara dipotong balancer shaftnya sehingga masih menggunakan balancer shaft lama namun hanya sebagian saja karena yang bagian depan langsung berhubungan dengan oil pump.Jadi dengan dipotong mesin masih bisa menyala dengan tetap oil pump berfungsi dengan baik.
Share This :