Fungsi Penting KOPLING Pada Mobil Yang Wajib Anda Ketahui

Fungsi Penting KOPLING Pada Mobil Yang Wajib Anda Ketahui

Dalam artikel kali ini saya akan membahas tentang kopling.Kopling sendiri sangat vital dan penting sekali fungsinya.Karena jika kopling bermasalah maka kendaraan tidak bisa jalan.Baik itu kopling yang masih manual atau sudah menggunakan system hidrolik.

Kendaraan truck selalu beresiko akan tenaga kurang dan berat.Ini terjadi terutama untuk mobil yang ada di daerah pertambangan.Dengan kondisi jalan yang menanjak dan tentunya dengan muatan berat sehingga akan membuat kerja kopling menjadi berat. 

Belum lagi jika driver ini cara penggunaan yang salah sehingga akan membuat kerja kopling menjadi salah dan bisa mengakibatkan kopling cepat habis.Harga kopling truck sendiri sudah hampir 1 juta lebih sehingga para pemilik kendaraan atau driver harus hati-hati jika didalam kondisi jalan yang tanjakan dengan beban muatan penuh.

Cara pengoperasian yang salah sangat beresiko untuk kampas kopling cepat aus.Dan jika sudah aus maka akan menjadikan tenaga engine menjadi berat.Apalagi saat muatan berat pasti tidak akan bisa menanjak di jalan. 

Perbaikan dan pemeriksaan untuk kopling harus dilakukan dan dapat dipastikan kopling sudah aus dan perlu untuk penggantian.Dan jika sudah aus wajib periksa dari drek laker atau release bearing apakah dalam kondisi bearingnya kasar atau masih halus.

Info service Tips cara memeriksa mobil mogok dengan mudah

Apabila suara bearing sudah kasar sebaiknya lakukan penggantian agar saat kopling di injak tidak timbul suara.Jika masih dipasang dalam kondisi bearing berbunyi maka akan kerja dua kali dalam beberapa bulan kedepan untuk perbaikan.Bisa jadi bearing nantinya ambrol rusak menyebabkan kopling bermasalah.

Untuk itu penggunakan kopling dengan cara di injak setengah kopling sangat tidak direkomendasikan.Juga Cara kaki yang selalu menumpang di pedal kopling juga tidak boleh.Kaki harus dilepas dari pedal kopling dan di taruh di dasar kabin.



Share This :