Wheel Cylinder Rembes Penyebab Rem Kadang Ambles

Wheel Cylinder Rembes Penyebab Rem Kadang Ambles

Dalam artikel kali ini saya akan membahas permasalahan yang sering terjadi pada rem dimobil.Dimana rem kadang terjadi ambles sehingga membuat kita kaget saat terjadi rem mendadak.

Komponen ini yaitu wheel cylinder merupakan bagian dari system rem pada mobil yang ada dan menempel di roda.Digunakan untuk sistem rem type tromol.Untuk kendaraan kecil digunakan untuk rem bagian belakang mobil.Karena tertutup oleh tromol sehingga rem ini berfungsi dengan baik atau tidak kadang tidak dapat diketahui.

Rem ini rembes sedikit juga kadang tidak bisa dilihat dari luar.Kalau rembesnya banyak maka minyak rem akan keluar dari tromol sehingga terlihat basah dan bisa ketahuan dari luar kalau system rem bermasalah.

Didalam wheel cylinder ada sebuah piston dan sealnya dimana kadang terjadi rembesan karena seal sudah mulai aus atau karetnya mengecil karena efek bahan kimia dari minyak rem.Seal yang sudah terlalu lama maka akan berubah bentuk mengecil sehingga tidak mampu membuat ruangan menjadi tertutup penuh dan akhirnya terjadi rem bocor.

Hal lainnya jika piston dan seal sudah aus yang perlu dilihat adalah kondisi dari rumah piston atau wheel cylinder itu.Didalam dibersihkan dulu jika perlu di amplas dengan amplas halus agar rumahnya tidak luka.

Yang membuat aus atau luka biasanya karena adanya kotoran halus yang masuk ke system rem.Sehingga akibat gerakan piston yang maju mundur saat dilakukan pengereman maka akan terjadi gesekan.

Minyak rem yang kotor karena jarang sekali diganti maka akan menimbulkan endapan kotoran halus.Seperti yang sudah saya jelaskan tadi dengan adanya kotoran halus maka membuat seal dan juga rumah wheel cylinder menjadi rusak. 

Info trouble Penyebab suara abnormal pada All New Pajero Sport

Lihat kondisi didalam apakah ada bagian yang aus atau tidak.Apabila ada yang aus itu juga menjadi penyebab rem rembes,karena jika hanya seal yang diganti maka akan percuma.Akan tetap terjadi rembesan minyak rem.

 

Apabila sampai rumah sudah aus sebaiknya ganti wheel cylinder secara assy agar hasil perbaikan rem maksimal dan tidak timbul rembesan lagi atau pekerjaan ulang dikemudian harinya.Seelah perbaikan rem yang rembes jangan lupa langkah terakhirnya adalah membleding minyak rem agar angin yang ada didalam system rem bisa terbuang.Sekalian menguras minyak rem yang sudah keruh diganti dengan minyak rem yang baru.

Baca juga Fungsi penting Shock Absorber pada Kendaraan

Share This :