Inilah Penyebab REM CAKRAM Belakang Macet Pada Mobil

Inilah Penyebab REM CAKRAM Belakang Macet Pada Mobil



Trouble yang sering terjadi di roda bagian belakang mobil yang menggunakan rem cakram.Tiba-tiba rem terasa panas sampai ke velg mobil.Jika terjadi demikian jangan dibiarkan dan langsung datang ke bengkel untuk pemeriksaan.

Dalam pembahasan kali ini seputar trouble rem yang ada di kendaraan.Dimana ada mobil datang ke bengkel untuk melakukan service rem dengan keluhan adanya salah satu roda terasa panas.Jadi setelah kendaraan berjalan agak jauh kemudian berhenti di cek salah satu roda terasa panas.

Langsung saja semua roda diangkat dan dikasih jackstand.Kemudian di periksan putaran roda apakah ada yang putaranya kurang lancar atau lancar semua.Ternyata salah satu roda belakang mengalami putaran yang agak terhambat.

Kemudian dilakukan pemeriksaan terhadap rem tersebut.Kondisi kampas remnya dan juga di over houle untuk pemeriksaan piston rem.Ternyata untuk piston rem mengalami karat dan aus.Inilah penyebab rem agak macet sehingga pergerakan piston terhambat.

Rem menjadi tidak normal dan panas,terlihat adanya keausan kampas rem yang tidak merata antara kampas rem roda akan dan kiri bagian belakang.Untuk rem ini type cakram terutama bagian belakang.

Kerusakan piston yang berkarat dna aus disebabkan oleh adanya kotoran debu dan air yang masuk ke sela-sela piston.Boot karet penutup yang sobek menyebabkan air masuk dan mengendap di dalamnya.Dalam waktu yang lama sehingga membuat korosi dan akhirnya piston aus.

Info service Cara Mudah memperbaiki Tenaga Kurang Pada Truck CANTER

Apabila sudah terjadi demikian wajib untuk psiton diganti dengan dengan yang baru.Bagian yang rusak saja mislakan yang rusak kanan maka yang diganti cukup kanan,apabila yang kiri masih dalam keadaan bagus.Jangan lupa sealnya juga diganti set agar pergerakan piston dapat kembali normal dan pengereman juga baik.

Minyak rem yang tidak pernah diganti secara berkala juga bisa membuat psiton cepat korosi.Itu salah satunya karena kotoran debu masuk ke minyak rem dan sampai ke dalam piston selam bertahun-tahun akan mengakibatkan itu.

Maka ganti minyak rem secara berkala setiap 40.000 kilometer dengan minyak rem yang berkualitas.Dengan begitu kotoran didalam system rem akan selalu ikut keluar saat dikuras dan kondisi minyak rem selalu bersih.

Baca juga Tips Mudah dan Terbaik Agar karet wiper mobil tidak cepat rusak

Share This :