Inilah Cara mengetahui WATER PUMP Rusak Di All New Pajero Sport

Inilah Cara mengetahui WATER PUMP Rusak Di All New Pajero Sport

Masalah pertama di mitsubishi all new pajero sport yang pernah saya temui.Yaitu adanya suara abnormal pada saat engine stasioner dan kadang suara tambah keras ketika engine di akselerasi.

Trouble ini sebelumnya pemilik mengeluhkan adanya suara abnormal pada mobilnya.Kemudian diperiksa suara tersebut berasal dari fan belt yang kendor sehingga menyebabkan bunyi.Kita bersihkan fan belt dan dikencangkan agar tidak timbul bunyi lagi.

Setelah beberapa hari lagi timbul suara abnormal lagi.Suara tersebut semakin terdengar keras ketika engine di akselerasi.Kemudian kita mencari msalah penyebabnya.Dari fan belt ac kita lepas ternyata masih bunyi abnormal.

Karena masalah suara belum selesai maka lanjut kita melakukan pemeriksaan yang lainnya.Kemudian fan belt alternator juga dilepas ternyata bunyi hilang.Se,ua bearing dan komponen yang berputar kita periksa putaranya secara manual.Dan langsung ketemu bahwa water pump saat diputar timbul suara abnormal.Disekitar water pump juga ada coolant yang rembes dan tercecer.

Ada bercak seperti coolant yang rembes dan sudah mengering.Ini menjadi pertanda bahwa ada rembesan air radiator di sekitar water pump.Dan ternyata air itu rembes dari water pump yang mengalami seal rusak.

Ternyata seal water pump rusak dan air masuk ke bearing yang menyebabkan water pump tersebut menjadi bunyi abnormal.Penggantian water pump secara assy sehingga masalah suara abnormal akan hilang dan mobil kembali seperti sedia kala.
Share This :