WASPADA Air Radiator Cepat Berkurang Pada Mobil_Ini Penyebabnya

WASPADA Air Radiator Cepat Berkurang Pada Mobil_Ini Penyebabnya

Dalam trouble shooting selalu ada saja permasalahan pada mobil.dari engine mbrebet,ada bunyi abnormal saat jalan tidak rata,Kebocoran oli atau kebocoran air.Jadi ceitanya begini ya sobat otomotif.

Suata hari ada pelanggan yang datang ke bengkel untuk mengeluhkan temperatur engine naik.Karena driver ini sedikit paham tentang mobil maka dicek air yang ada di tampungan dan di radiator.Ternyata setiap hari selalu di isi ketika akan melakukan perjalanan.Namun setiap selesai di isi besok dicek lagi ternyata airnya selalu berkurang.

Driver atau pemilik kendaraan pasti berpikiran adanya kebocoran air di system cooling.Maka seketika itu ada waktu senggang mobil dibawa ke bengkel kami.Saat datang kami coba korek informasi dari pemilik.dari ceritanya dapat di simpulkan adanya kebocoran atau rembesan air.

Lokasi rembesan yang tidak kita ketahui sehingga perlu analisa pemeriksaan yang lebih teliti lagi.Bisa menggunakan sebuah radiator cup tester atau dilihat secara manual.Mobil yang menggunakan coolant jika rembes atau bocor maka akan ketahuan.

Di samping selang atau sekitarnya pasti ada kerak berwarna putih.Itu kerak adalah coolant yang sudah terkena panas dan menempel di komponen engine.Jika dibiarkan semakin lama akan membuat tumpukan dan terlihat bahwa sekitar itu yang terjadi rembesan.

Berbeda dengan kasus ini yaitu adanya selang yang sobek kecil.Selang ini sobeknya tidak terlihat baru setelah ada tekanan air radiator maka air baru terlihat mengalir keluar.Selang yang masuk ke heater system ac pada mobil yang mengalami masalah.

Dikarenakan selang yang usianya sudah tua maka akan menjadi keras yang menyebabkan menjadi retak.Akhirnya rembes dan membuat air radiator berkurang,apalagi saat perjalanan pasti temperatur engine akan naik dan kondisi engine menjadi panas.

Air yang berkurang sedikit tidka menjadi masalah yang serius pada mobil.Hanya nantinya air akan berkurang di reservoir dan bahkan jika terlalu banyak rembesnya maka di radiator pun akan menjadi berkurang.

Info service Cara membersihkan rem dengan cepat dan mudah_BRAKE CLEANER

Untuk itu Selang diganti dengan yang baru kemudian dipasangkan di mobil.Jangan lupa di lem treebond agar lebih kuat selangnya dan diklem juga.Setelah selesai pengerjaan di test drive dan hasilnya temperatur engine tidak naik.

Mobil dibawa pulang customer dan setelah beberapa hari kita folow up.Minta informasi hasil perbaikan service cooling system kemarin.dan hasilnya dari pemilik kendaraan tidak ada keluhan temperatur engine panas dan air radiator berkurang tidak muncul lagi alias sudah sembuh.

Baca juga Pentingya ganti TIMING BELT pada kendaraan

Info Trouble PERIKSA Komponen Ini Penyebab Truck CANTER Hilang Tenaga

Share This :