PENTING SEKALI !!! Arti Dan Kode SAKERING Berikut Posisinya Pada Mobil

PENTING SEKALI !!! Arti Dan Kode SAKERING Berikut Posisinya Pada Mobil

Di Artikel yang akan saya bahas kali ini adalah tentang kelistrikan di mobil,khususnya mitsubishi truck canter.Masih banyak pemilik atau driver yang belum mengerti akan hal ini sehingga seharusnya sepele namun harus minta bantuan ahlinya.

Anda pernah mengalami kendala lampu mati saat malam hari di perjalanan.Dan harus ke bengkel untuk perbaikan pada malam itu juga karena urgent.Ternyata hanya sepele yaitu sakering yang putus menjadi penyebabnya.

Perlu diketahui bahwa kendaraan selalu dilengkapi dengan sebuah komponen yang sangat penting untuk system kelistrikanya.Sebagai pengaman pada system kelistrikan agar tidak ketika terjadi konslet pada mobil maka tidak terjadi kebakaran.

Caranya yaitu dengan memutus aliran listrik secara otomatis ketika terjadi konslet pada kelistirkan mobil.Komponen tersebut adalah sakering atau fuse.Dimana fuse ini akan memutus aliran listrik jika terjadi konslet.

Fuse akan putus dan langsung rusak jka ada aliran arus yang besar dan tidak normal.Maka untuk itu pasanglah fuse sesuai dengan ketentuan.Misal fuse yang harus digunakan adalah 10 amper maka pasangkanlah sesuai yaitu 10 ampere.

Jangan dibesarkan menjadi 20 ampere karena jika terjadi konslet fuse tersebut tidak akan putus,sehingga terjadi kebakaran akan terjadi.Kabel menjadi terbakar berasap dan akhirnya timbul api dimobil.

Dikendaraan kadang kita sebagai pemilik mobil tidak mengerti fuse mana yang berhubungan dengan system ketika terjadi kerusakan.Sebagai contoh ketika klakson mati maka yang perlu diperiksa pertama kali adalah fusenya.Siapa tahu fuse putus sehingga klakson tidak bekerja.

Terus bagaimana cara mengetahui fuse untuk klakson itu ada di bagian mana.Caranya yaitu dengan melihat nama dan no urutan dan juga berapa amper fuse yang digunakan pada tutup fuse boxnya.Tutup fuse box akan ada namanya untuk fuse apa namun tidak menggunakan bahasa indnesia.

Melainkan bahasa ingris yaitu untuk klason dituliskan ditutup fuse box adalah Horn.Cari tulisan horn maka disitulah fuse untuk klakson pada kendaraan.Ambil dan cabut dari rumah fuse boxnya periksa apakah putus atau tidak.Jika putus segera ganti maka kemungkinan klakson dapat bekerja normal kembali.

Sangat penting akan hal seperti ini karena jika kita sebagai driver atau pemilik kendaraan tidak mengetahui ini maka kemungkinan jika terjadi kerusakan dijalan akan beresiko.Apalagi jika lampu yang mengalami masalah yaitu mati pada malam hari dan ternyata hanya fuse yang bermasalah.

Info service Penyebab suara abnormal di suspensi belakang pada mobil

Setelah paham maka anda bisa mengakali untuk rumah fuse box di kasih tulisan sendiri agar anda lebih mengerti.Sehingga jika terjadi sesuatu kerusakan fuse putus langsung tahu lokasi dan nama untuk system kelistrikan tersebut.

Setelah membaca artikel ini anda akan tahu bahwa fuse digunakan untuk system yang berbeda.Masing-masing fungsi memiliki fuse dan letaknya juga terpisah,untuk itu harus tahu mana letak dan posisi fuse untuk system masing-masing kelistrikan mobil.

Baca juga Cara agar karet wiper mobil tidak cepat rusak

Semoga bermanfaat artikel ini buat pada pemilik kendaraan mitsubishi canter khususnya.Dan untuk kendaraan lain juga sama yaitu untuk melihat letak posisi fuse ada di tutup box rumah sakering.Yang menggunakan bahasa inggris dan teknik untuk system kelistrikan mobilnya.

Share This :