Rem sering terjadi
masalah yang terjadi pada mobil.Entah itu remnya bunyi,rem panas atau rem yang
kadang ambes.Karena rem itu fngsinya sangat penting sekali maka jika terjadi
suatu masalah segeralah ke bengkel untuk perbaikan.
Dalam pembahasan kali
ini yaitu tentang rem yang mengalami panas terutama pada rem di roda
depan.Ketika itu datang pelanggan untuk service ke bengkel dan mengeluhkan
remnya terasa panas.Panas hanya dibagian depan kanan.Dan untuk yang kiri tidak
begitu panas dibandingkan dengan rem yang kanan.
Mobil yang baru datang
langsung kami cek kondisi peleknya dan ternyata untuk remnya bagian kanan depan
panas dan yang kiri hanya hangat saja.Tentunya ini bermasalah untuk rem
depanya.Mobil di dongkrak dan dikasih jackstand.
Kemduian roda diputar
ternyata untuk rem depan kanan putaranya tidak lancar dan terasa ada yang
menahan.Berbeda untuk yang sebelah kiri itu putaranya lancar sekali.Maka
langsung dilakukan over houle untuk roda depan kanan.
Kami menginformasikan
untuk yang sebelah kiri sekalian dibersihkan dan perlu over houle agar nantinya
seimbang agar tidak terjadi rem mbanting.Atau nantinya setelah yang kanan di
perbaiki penyakit pindah ke roda kiri dalam beberapa minggu.
Atas saran dari kami
pelanggan setuju untuk sekalian service rem di dua roda depan.Untuk yang kanan
ternyata kotoran didalam rumah kaliper sudah terlalu banyak.Kaya debu halus
didalam minyak rem yang mengganggu kinerja dari piston untuk bergerak maju dan
mundur.
Dengan adanya kotoran
maka membuat rem menjadi tidak lancar dan sedikit macet.Dibersihkan dengan
amplas halus pada rumahnya dan juga pada pistonya.Di cuci dengan sabun kemudian
dibilas dan dikeringkan dengan angine kompresor.
Seal masih dalam keadaan
bagus sehingga dipasang kembali.Semuanya sudah terpasang dan perlu untuk
bleding minyak rem dengan mengganti minyak rem yang baru.Sekalian untuk roda
belakang dikuras minyak remnya dengan cara dibleding tadi.
Info service Penyebab engine mati sendiri pada miisubishi colt t 120 ss
Penggantian minyak rem
seharusnya dilakukan secara berkala agar seal di dalam system rem selalu dalam
keadaan awet.Seal tidak cepat rusak karena minyak rem yang kotor dan berubah
warna menandakan ada kotoran didalamnya.
Semuanya sudah selesai dan tinggal test driver jalan.Berjalan beberapa kilometer dengan jalan banyak turunan sambil direm berkali-kali.Sampai di bengkel kami cek kondisi peleknya dan ternyata kedua roda depan dalam kondisi hangat normal.Sudah berbeda dari kondisi sebelumnya.Begitu juga saat roda diangkat dan diputar maka keduanya lancar tidak ada yang menahan.Proses perbaikan sudah selesai dan pelanggan puas akan pelayanan bengkel kita.
Baca juga Cara mudah agar karet wiper mobil anda tidak cepat rusak
comment 0 komentar
more_vert