Artikel ini akan membahas tentang trouble kelistrikan dinamo amper pada mobil yang sering menjadi penyebab engine mogok karena aki tekor.Banyak driver yang belum tahu bahkan pemilik kendaraan ada indikator yang menyala namun tidak mengerti itu indikator apa.Dibiarkan sehingga lama-kelamaan menjadi mogok mobilnya.
Umur dari sebuah aki
tidak bisa ditentukan kira-kira kapan terjadi kerusakan.Bisa hanya kurang dari
satu tahun bahkan bisa lebih awet untuk sampai dengan 2 tahun.Tergantung dari
perawatan anda untuk sering mengisi jumlah air aki agar tidak sampai kosong
untuk aki type basah.
Meskipun aki baru type
kering dan jarang digunakan untuk mobilnya juga bisa mengakibatkan aki itu
cepat rusak.Tidak digunakan disini adalah mobil yang jarang di buat jalan maka
lama kelamaan tagngan battery akan tekor.Maka sebaiknya dibuat jalan agar
battery tetap ada charger dari dinamo amper.
Alat untuk memeriksa
battery yaitu bernama battery tester.Dimana dapat diketahui kondisi battery
apakah lemah atau masih normal.Dengan cara waktu distart tegangan yang keluar
berapa maka akan kelihatan.
Kondisi waktu start oleh
motor starter juga akan diketahui dan pengisian tegangan dari dinamo amper juga
akan diketahui sehingga akan jelas bahwa kerusakan dari mana.Jika tegangan dari
alternator terlihat kurang dari standar yaitu 12,50 volt saat engine stasioner
maka dapat dipastikan bahwa alternator atau dinamo ampper bermasalah.
Dapat di ketahui dengan
melihat kondisi battery pasti mengalami drop tegangan.Dikarenakan pengisian
battery dari dinamo amper ke aki akan berkurang sehingga bisa menyebabkan
engine mogok.Apabila dikendarai pada malam hari dapat terlihat lampu utama akan
redup.
Saat indikator gambar
aki di dashboard menyala maka itulah bahwa tidak ada pengisian kelistrikan dari
dinamo amper ke aki.Saat kunci kontak on gambar aki menyala,dan setelah engine
hidup indikator aki harus dan wajib mati untuk menandakan bahwa terjadi
charging.
Info dan Tips Cara agar karet wiper tetap awet pada mobil
Jika tidak mati
indikator aki saat engine hidup maka tidak ada tegangan pengisian ke aki.Aki
tidak mendapatkan strum tegangan dari battery sehingga akan ngedrop.Membuat
system kelistrikan kendaraan tidak bekerja.
Bawa Segera periska ke
bengkel langganan anda untuk pemeriksaan.Apakah kerusakan dari IC regulator di
alternantor.Atau hanya sakering pengisian yang bermasalah sehingga aliran
tegangan tidak lancar.Biasanya yang sering terjadi adalah ic regulator yang bermasalah dan harus ganti.Bisa juga dari arang yang sudah aus dan perlu penggantian.
Baca juga Penyebab engine mati sendiri pada Mitsubishi Colt T 120 Ss
Trouble yang seperti ini jangan sampai disepelekan karena akan berefek ke semua system kelistrikan mobil.Maka segera perbaiki agar tegangan kelistrikan di kendaraan menjadi stabil.Saat beban kelistrikan dinyalakan seperti ac,headlamp,audio dan system yang lain maka tidak akan terganggu.
comment 0 komentar
more_vert