Cara Mudah Merawat AKI MOBIL Agar Berumur Panjang

Cara Mudah Merawat AKI MOBIL Agar Berumur Panjang

Sering saya jumpai pelanggan bengkel saya yang mobilnya mogok secara tiba-tiba dikarenakan aki yang bermasalah.Aki yang tadinya kemarin masih berfungsi dengan baik dan ketika pagi hari mobil mau dipakai malah tidak bisa distarter.

Hal yang sangat menyebalkan lagi ketika mogok dijalan karena aki tekor.Atau karena ull aki kendor dikarenakan terminal battery rusak.Akibatnya tidak ada suplly tegangan dari aki ke system electrical kendaraan.

Informasi yang akan saya buat dan tulis kali ini tentang battery atau aki di mobil.Banyak yang pemilik kendaraan itu sampai lupa memeriksa kondisi aki.Dari jumlah air aki,kebersihan aki,dan kondisi terminal aki dari kerak dan apakah kurang kencang baut terminalnya.

Karena yang terjadi jika aki tidak dirawat maka akan menjadi cepat rusak.Umur aki menjadi pendek sehingga perlu penggantian aki baru.Dan harga aki juga termasuk golongan yang tidka murah tergantung amper yang akan kita gunakan.Semakin tinggi amper aki maka harga semakin mahal.

Maka dari itu pemilik kendaraan khususnya anda harus selalu memeriksa kondisi aki.Jika aki itu adalah aki basah maka setiap seminggu sekali harus diperiksa jumlah air akinya agar tidak sampai mengering.Air aki yang habis didalam aki maka akan cepat sekali cell didalam aki rusak.

Aki menjadi panas yang akhirnya tegangan aki akan tekor.Panas yang berlebih bisa membuat aki menjadi berubah bentuk,karena aki terbuat dari bahan plastic dan jika terus dibiarkan maka bisa meledak.

Jadi harus sangat hati-hati terhadap kondisi aki.Jangan di sepelekan dan harus di rawat dengan baik agar umur aki dapat bertahan dengan lama.Biasanya umur aki bisa bertahan sampai 2 tahunan.Jika tanpa perawatan yang baik maka aki bisa kurang dari satu tahun akan rusak.

Info service Canter tidak ada tenaga dan ini cara perbaikanya

Hal yang tidak kalah pentingnya adalah kondisi dari terminal aki.Jika tidak pernah di rawat sama sekali maka terminal aki akan timbul kerak yang menumpuk.Secara terus menerus maka akan membuat pull aki menjadi aus.

Itu bisa aus dikarenakan terkikis oleh uap dari aki kemudian menumpuk di terminal dan menjadi kerak.Kerak itulah yang sangat berbahaya bisa merusak pull aki.Bahkan jika kerak mengenai besi maka bisa membuat berkarat dan bisa juga merusak cat mobil

Baca juga Tips yang benar untuk START Pertama mobil matic

Pull aki yang aus akhirnya membuat terminal aki menjadi kendor tidak bisa kencang.Membuat tegangan dari aki tidak sempurna dan saat engine akan distart tidak kuat.Hal yang harus diperbaiki yaitu ganti aki jika kondisi aki sudah sangat parah.Atau perbaiki pull aki saja sehingga terminal aki dapat mengikat dengan kencang pada pull aki.

" Trouble engine getar Pajero SPort "

Share This :