Sering saya jumpai
pelanggan bengkel saya yang mobilnya mogok secara tiba-tiba dikarenakan aki
yang bermasalah.Aki yang tadinya kemarin masih berfungsi dengan baik dan ketika
pagi hari mobil mau dipakai malah tidak bisa distarter.
Hal yang sangat menyebalkan lagi ketika mogok dijalan karena aki tekor.Atau karena ull aki kendor dikarenakan terminal battery rusak.Akibatnya tidak ada suplly tegangan dari aki ke system electrical kendaraan.
Informasi yang akan saya
buat dan tulis kali ini tentang battery atau aki di mobil.Banyak yang pemilik
kendaraan itu sampai lupa memeriksa kondisi aki.Dari jumlah air aki,kebersihan
aki,dan kondisi terminal aki dari kerak dan apakah kurang kencang baut
terminalnya.
Karena yang terjadi jika
aki tidak dirawat maka akan menjadi cepat rusak.Umur aki menjadi pendek
sehingga perlu penggantian aki baru.Dan harga aki juga termasuk golongan yang
tidka murah tergantung amper yang akan kita gunakan.Semakin tinggi amper aki
maka harga semakin mahal.
Maka dari itu pemilik
kendaraan khususnya anda harus selalu memeriksa kondisi aki.Jika aki itu adalah
aki basah maka setiap seminggu sekali harus diperiksa jumlah air akinya agar
tidak sampai mengering.Air aki yang habis didalam aki maka akan cepat sekali
cell didalam aki rusak.
Aki menjadi panas yang
akhirnya tegangan aki akan tekor.Panas yang berlebih bisa membuat aki menjadi
berubah bentuk,karena aki terbuat dari bahan plastic dan jika terus dibiarkan
maka bisa meledak.
Jadi harus sangat hati-hati terhadap kondisi aki.Jangan di sepelekan dan harus di rawat dengan baik agar umur aki dapat bertahan dengan lama.Biasanya umur aki bisa bertahan sampai 2 tahunan.Jika tanpa perawatan yang baik maka aki bisa kurang dari satu tahun akan rusak.
Info service Canter tidak ada tenaga dan ini cara perbaikanya
Hal yang tidak kalah
pentingnya adalah kondisi dari terminal aki.Jika tidak pernah di rawat sama
sekali maka terminal aki akan timbul kerak yang menumpuk.Secara terus menerus
maka akan membuat pull aki menjadi aus.
Itu bisa aus dikarenakan
terkikis oleh uap dari aki kemudian menumpuk di terminal dan menjadi
kerak.Kerak itulah yang sangat berbahaya bisa merusak pull aki.Bahkan jika
kerak mengenai besi maka bisa membuat berkarat dan bisa juga merusak cat mobil
Baca juga Tips yang benar untuk START Pertama mobil matic
Pull aki yang aus akhirnya membuat terminal aki menjadi kendor tidak bisa kencang.Membuat tegangan dari aki tidak sempurna dan saat engine akan distart tidak kuat.Hal yang harus diperbaiki yaitu ganti aki jika kondisi aki sudah sangat parah.Atau perbaiki pull aki saja sehingga terminal aki dapat mengikat dengan kencang pada pull aki.
comment 0 komentar
more_vert