MOTOR BLOWER TERBAKAR !!! Waspada Engine Panas Penyebab Over Heat

MOTOR BLOWER TERBAKAR !!! Waspada Engine Panas Penyebab Over Heat

Dalam artikel kali ini saya akan membahas trouble tentang engine panas.Dan kerusakan setelah diperiksa ada dibagian komponen part ini.Mungkin karena usia dan bekerja secara terus menerus saat engine menyala maka part ini menjadi rusak.

Temperatur engine agar tetap terjaga di suhu normal harus di dinginkan setiap saat oleh kipas radiator.Selain air diradiator dapat hembusan angine saat mobil berjalan untuk proses pendinginan ada yang namanya kipas radiator.

Ada yang digerakan oleh putaran mesin untuk kipas ini dan ada pula yang digerakan oleh motor listrik sesuai dengan informasi dari sensor agar kipas ini dapat berputar.Banyak sekali terjadi engine over heat di jalan sehingga membuat mobil mogok.

Hal itu dikarenakan terjadinya kerusakan pada motor blower kipas radiator.Motor sudah terbakar sehingga tidak bisa berputar lagi.Pasti minta ganti dengan motor yang baru.Apabila tidak diganti maka proses pendinginan tidak terjadi dengan baik.

Untuk motor blower ini di kendaraan khususnya mobil sedan biasanya ada dua buah.Untuk system engine dan system ac.Ketika engine panas hanya satu kipas saja yang berputar ,akan tetapi setelah ac on dan temperatur tinggi maka motor blower untuk ac akan menyala.

Selain kekurangan jumlah air radiator yang menjadi penyebab engine panas.Ternyata kipas yang tidak berputar juga menjadi salah satu penyebab engine over heat.Untuk itu system pendinginan sangat penting di engine agar terjaga suhu normalnya.

Sehingga dua-duanya akan menyala bersamaan ketika temperatur panas kondisi ac menyala.Umur kendaraan anda dari baru sudah berapa tahun maka perlu yang namanya pemeriksaan motor blower kipas radiatornya.Bisa jadi brush atau arang sudah aus sehingga putaran motor menjadi lemah.

Baca juga Cara agar karet wiper mobil tidak cepat rusak

Lemahnya putaran motor akan berakibat pendinginan tidak maksimal sehingga temperatur engine akan panas.Sangat berbahaya sekali jika temperatur engine yang panas di biarkan karena bisa terjadi over heat dan dapat merusak komponen di engine.

Jika terdengar suara ngorok atau suara abnormal dari sekitar radiator dan ternyata suara dari motor kipas yang sudah kasar maka segera periksa kondisi motor blower kipas.Bisa saja bearing sudah mulai aus dan dapat nanti oleng dan merusak radiator karena bertumbukan dengan kipasnya.

Info service Penyebab engine mati sendiri pada mobil mitsubishi colt t120 ss

Share This :