KLETEK_KLETEK !!! Tanda-Tanda CV Joint Sudah Waktunya Ganti

KLETEK_KLETEK !!! Tanda-Tanda CV Joint Sudah Waktunya Ganti

Dalam artikel yang saya tulis kali ini tentang engine mobil penggerak roda depan.Dimana untuk roda dean tidak lagi menggunakan sebuha propeler shaft namun menggunakan sebuha drive shaft.Untuk drive shaft sendiri haru lebih kuat dan dapat flexibel karena langsungberhubungan degan roda.

Ketika roda belok ke kanan atau kekiri maka drive shaft harus bisa mengikuti sehingga ada yang namanya cv joint ( Constan Velocity Joint ).Berupa joint yang dapat flexibel agar putaran dari transmisi dapat diteruskan ke roda dengan baik.

Nah disini untuk joint itu didalamnya da sebuah grease yang tertutup oleh sebuah karet.Dimana jika karet rusak maka grease akan keluar dari joint tersebut sehingga mengakibatkan kerusakan pada cv jointnya.

Kerusakan itu ditandai dengan saat belok penuh maka akan terdengar bunyi abnormal.Bunyi krek-krek seperti besi berbenturan dengan besi.Baik itu belok kekiri atau kekanan timbul suara tersebut.Sehingga dapat dipastikan cv joint bermasalah.Bisa hanya kering saja karena tidak ada grease atau memang sudah aus.

Jika kita lihat dari bawah maka akan ada boot karet yang sobek maka daerah situlah yang membuat timbul suara abnormal.Harus segera diganti cv joint agar tidak timbul suara lagi.Begitu juga dengan boot karetnya harus diganti juga agar kondisi cv joint tetat selalu terlumasi oleh grease.

Info service Penyebab suara abnormal di suspensi mobil

Kadang jika dibiarkan sampai rusak beneran bisa lepas itu cv joint dari rumahnya.Ketika sudah timbul suara dibiarkan tidak segera diperbaiki maka akan semakin parah rusaknya.Bisa terjadi tadi cv joint lepas ,ambrol sehingga membuat roda tidak bisa bergerak maju atau mundur.Putaran roda dari transmisi tidak diteruskan ke roda.

Untuk setiap roda ada dua buah cv joint bagian dalam dan luar jadi untuk roda kanan dan kiri ada 4 cv joint.Jika salah satu belok bunyi maka sebaiknya ganti semau cv joint dibagian sisi dalam dan luar agar tidak kerja dua kali ketika nanti terjadi kerusakan di sisi roda yang sama.

Baca juga Yang Belum Tahu !!! Letak posisi tampungan air radiator L300

Share This :