LAKUKAN SECARA BERKALA !!! Perawatan dan Penggantian GREASE Bearing Roda Pada Mobil Niaga

LAKUKAN SECARA BERKALA !!! Perawatan dan Penggantian GREASE Bearing Roda Pada Mobil Niaga



Bearing roda pada kendaraan comercial sangat penting sekali.Karena jika mobil anda bermuatan dan bearing rusak dijalan maka akan beresiko lagi.Bahkan jika muatan tersebut harus tepat waktu sampainya sehingga bisa membuat hal yang tidak diinginkan.


Pada truck canter pernah saya menangani tentang trouble pada bearing roda.Dimana kendaraan ini mengeluhkan ketika kondisi jalan terdengar suara aneh seperti ngung-ngung ketika kendaraan jalan dan lepas gas.

 

Setelah datang ke bengkel untuk perbaikan trouble tersebut maka sebelum dilakukan service maka di test driver bersama customernya agar kita tahu suara apa yang dimaksud oleh pemilik kendaraan.Karena dengan di test drive kita akan dapat menganalisa bahwa kerusakan atau sumber bunyi berasal dari bagian komponen disini.

 

Setelah test drive dapat saya simpulkan bagian yang bunyi abnormal adalah bagian roda depan.Kesimpulan ini dapat di lihat atau dirasakan dengan kendaraan waktu berjalan.Dimana saat kendaraan berjalan dengan kecepatan di atas 80 km/jam suara tersebut semakin keras.Dan suara masih muncul ketika kecepatan 80 km/jam dengan pedal kopling kita injak.

 

Kalau pedal kopling kita injak dan suara abnormal tersebut masih muncul maka bisa diakibatkan dari bagian yang tidak berhubungan dengan komponen engine,transmisi atau diffrentialnya ( gardan ).Karena tidak ada hubunganya dengan putaran mesin.

 

Berbeda jika suara abnormal muncul saat kendaraan di akselerasi dan ketika pedal kopling di injal suara akan hilang maka itu bisa disebabkan oleh differentialnya atau transmisinya.Dari sini langsung kita analisa dari bearing roda.Setelah roda depan kita angkat dengan cara di dongkrak maka kita putar roda sebelah kanan dan kiri.

 

Ternyata roda sebelah kanan ketika diputar ada suara gruk-gruk.Yang artinya kemungkinan bearing sudah mengalami keausan atau tidak ada pelumasan grease.Langsung di bongkar dan akhirnya terlihat bearing sudah aus dibagian dalam dan luar.Karena bearing roda setiap rodanya menggunakan dua buah bearing.

 

Bearing bagian dalam dan bagian luar kita ganti dengan yang baru.Untuk penggantian bearing maka wajib com bearing yang menempel di hub roda harus diganti.Sebelumnya bearing kita harus kasih grease sampai ke posisi dalam.Karena jika bearing kita kurang pelumasan dan langsung dipasang diroda maka saat kendaraan jalan velgnya akan terasa panas.

 

Hal ini dikarenakan pelumasan dibearing baru tidak maksimal.Ketika roda berputar dan bearing ikut berputar maka akan timbul panas oleh gesekan bearing dengan com bearing.Untuk itu pastikan grease sudah melumasi bagian dalam bearing sampai menyeluruh.


Info service DI KIRA TURBO yang RUSAK !!! Ternyata ini penyebab engine suara kasar pada truck Fuso Canter


Gnunakan grease bearing yang high temperatur agar grease tidak mudah mencair.Karena banyak grease namun tidak semua grease bisa digunakan untuk bearing roda.Ketika grease mencair maka akan terlihat rembesan atau basah sekitar roda yang terlihat dari bagian dalam.


 

Setelah semua bearing roda diganti sebelah kanan dan yang sebelah kiri di berikan grease ulang maka kendaraan siap untuk dipasang.Coba test drive dan akhirnya trouble suara abnormal hilang.Tidak muncul lagi suara saat akselerasi dan pedal opling di injak suara abnormal juga hilang.


Baca juga Inilah alasan mengapa engine perlu dilakukan over houle pada mobil

 

Penggantian bearing dilakukan ketika hanya terjadi kerusakan saja.Namun untuk perawatan bearing harus dilakukan secara berkala dengan mengganti grease di roda.Penggantian dan pelumasan bearing dengan grese baru dilakukan setiap kendaraan berjalan kurang lebih 30.000 kilometer.

Share This :