Bearing roda pada kendaraan comercial sangat penting sekali.Karena jika mobil anda bermuatan dan bearing rusak dijalan maka akan beresiko lagi.Bahkan jika muatan tersebut harus tepat waktu sampainya sehingga bisa membuat hal yang tidak diinginkan.
Pada truck canter pernah saya menangani tentang trouble pada
bearing roda.Dimana kendaraan ini mengeluhkan ketika kondisi jalan terdengar
suara aneh seperti ngung-ngung ketika kendaraan jalan dan lepas gas.
Setelah datang ke bengkel untuk perbaikan trouble tersebut maka
sebelum dilakukan service maka di test driver bersama customernya agar kita
tahu suara apa yang dimaksud oleh pemilik kendaraan.Karena dengan di test drive
kita akan dapat menganalisa bahwa kerusakan atau sumber bunyi berasal dari
bagian komponen disini.
Setelah test drive dapat saya simpulkan bagian yang bunyi abnormal
adalah bagian roda depan.Kesimpulan ini dapat di lihat atau dirasakan dengan
kendaraan waktu berjalan.Dimana saat kendaraan berjalan dengan kecepatan di
atas 80 km/jam suara tersebut semakin keras.Dan suara masih muncul ketika
kecepatan 80 km/jam dengan pedal kopling kita injak.
Kalau pedal kopling kita injak dan suara abnormal tersebut masih
muncul maka bisa diakibatkan dari bagian yang tidak berhubungan dengan komponen
engine,transmisi atau diffrentialnya ( gardan ).Karena tidak ada hubunganya
dengan putaran mesin.
Berbeda jika suara abnormal muncul saat kendaraan di akselerasi
dan ketika pedal kopling di injal suara akan hilang maka itu bisa disebabkan
oleh differentialnya atau transmisinya.Dari sini langsung kita analisa dari
bearing roda.Setelah roda depan kita angkat dengan cara di dongkrak maka kita
putar roda sebelah kanan dan kiri.
Ternyata roda sebelah kanan ketika diputar ada suara
gruk-gruk.Yang artinya kemungkinan bearing sudah mengalami keausan atau tidak
ada pelumasan grease.Langsung di bongkar dan akhirnya terlihat bearing sudah
aus dibagian dalam dan luar.Karena bearing roda setiap rodanya menggunakan dua
buah bearing.
Bearing bagian dalam dan bagian luar kita ganti dengan yang
baru.Untuk penggantian bearing maka wajib com bearing yang menempel di hub roda
harus diganti.Sebelumnya bearing kita harus kasih grease sampai ke posisi
dalam.Karena jika bearing kita kurang pelumasan dan langsung dipasang diroda
maka saat kendaraan jalan velgnya akan terasa panas.
Hal ini dikarenakan pelumasan dibearing baru tidak maksimal.Ketika
roda berputar dan bearing ikut berputar maka akan timbul panas oleh gesekan
bearing dengan com bearing.Untuk itu pastikan grease sudah melumasi bagian
dalam bearing sampai menyeluruh.
Info service DI KIRA TURBO yang RUSAK !!! Ternyata ini penyebab engine suara kasar pada truck Fuso Canter
Gnunakan grease bearing yang high temperatur agar grease tidak mudah mencair.Karena banyak grease namun tidak semua grease bisa digunakan untuk bearing roda.Ketika grease mencair maka akan terlihat rembesan atau basah sekitar roda yang terlihat dari bagian dalam.
Setelah semua bearing roda diganti sebelah kanan dan yang sebelah
kiri di berikan grease ulang maka kendaraan siap untuk dipasang.Coba test drive
dan akhirnya trouble suara abnormal hilang.Tidak muncul lagi suara saat
akselerasi dan pedal opling di injak suara abnormal juga hilang.
Baca juga Inilah alasan mengapa engine perlu dilakukan over houle pada mobil
Penggantian bearing dilakukan ketika hanya terjadi kerusakan saja.Namun untuk perawatan bearing harus dilakukan secara berkala dengan mengganti grease di roda.Penggantian dan pelumasan bearing dengan grese baru dilakukan setiap kendaraan berjalan kurang lebih 30.000 kilometer.
comment 0 komentar
more_vert