GEJALA REM MACET !!! Inilah Yang Terjadi Jika Sering Melewati Jalan Genangan Air Musim Hujan Pada Mobil

GEJALA REM MACET !!! Inilah Yang Terjadi Jika Sering Melewati Jalan Genangan Air Musim Hujan Pada Mobil

Musim hujan telah tiba bosku jadi banyak sekali mobil yang datang kebengkel untuk pemeriksaan rem karena mengeluhkan remnya panas sebelah.Yaitu salah satu roda mengalami panas yang tidak normal.

Kendaraan selalu saja ada permasalahan yang timbul.Baik itu disystem engine,kelistrikan atau di system remnya.Karena kendaraan dipakai maka pasti ada bagian yang aus dan umur komponen part yang akan rusak.

 

Kali ini di artikel yang saya tulis mengenai trouble kendaraan di mitsubishi pajero sport.Dimana kendaraan ini ada keluhan di system remnya.Jadi saat itu ada telepon masuk untuk melakukan stooring karena kendaraan customer kami mengalami masalah diremnya.

 

Kendaraan itu hampir satu bulan tidak digunakan karena pemilik kendaraan sedang ada diluar kota menggunakan mobil yang lain.Mobil ini parkir di dalam garasi dan selama itu tidak pernah dipakai untuk jalan.Jadi ketika customer sudah pulang kendaraan akan dipakai ternyata kendaraan tidak mau jalan dan terasa berat.

 

Ada sesuatu yang mengunci diroda kendaraan dan tentunya itu adalah rem yang lengket.Rem yang lengket biasanya terjadi pada roda bagian belakang.Rem depan menggunakan type cakram dan untuk yang belakang menggunakan rem tromol.

 

Yang sering mengalami kerusakan adalah rem tromol yaitu bukan rusak namun mengunci posisi di rem.Saat kendaraan maju atau mundur terlihat roda bagian belakang sebelah ada yang ngunci atau lengket.Sehingga ban akan terlihat gasruk terhadap jalan.

 

Singkat cerita dari customer yaitu kendaraan habis dicuci langsung dimasukan garasi dan diselimuti karena pemilik mau pergi untuk beberapa minggu.Dari sini dapat saya analisa kemungkinan terjadi rem yang lengket karena air tadi.

 

Air masuk di system rem dan kendaraan langsung diam yang akhirnya akan mengunci atau lengket yaitu kampas rem terhadap tromol remnya.Jika sudah begini maka harus dilakukan pembongkaran terhadap system rem terutama yang mengalami rem lengket atau macet.

 

Itu tidak hanya terjadi pada kendaraan mitsubishi pajero sport saja namun bisa untuk kendaraan yang lain.Dikarenakan setelah kendaraan dicuci dan rem basah maka perlu untuk dilakukan pengeringan yaitu bisa dengan cara kendaraan dibuat jalan-jalan terlebih dahulu.

 

Baru setelah kering maka kendaraan dapat dimasukan garasi.Kemungkinan terjadi rem yang lengket tidak akan terjadi karena posisi system remnya sudah kering.Berbeda jika dalam kondisi basah dan langsung didiamakan beberapa hari maka akan terjadi seperti itu.


Baca juga Inilah salah satu penyebab engine mati sendiri pada mitsubishi xolt t 120 ss


Sering kendaraan musim hujan seperti ini melewati genangan air banjir.Air yang coklat membuat system rem kemasukan air kotor sehingga membuat rem menjadi tidak lancar pergerakanya.

"Ganti engine mounting"

Yang lebih parah lagi adalah ketika kendaraan melewati jalan dengan genangan air dari rob yaitu air laut pasang.Maka ketika kendaraan sore terkenea rob dan parkir selama semaalam maka bisa terjadi rem yang lengket atau rem terkunci.


Solusinya yaitu dengan membersihkan semua bagian roda dengan air bersih sebelum kendaraan masuk garasi untuk parkir.Jika sudah disiram dengan air bersih maka kemungkinan rem terkunci juga mustahil.
Share This :