AWAS !!! Pakai Oli Palsu Banyak EFEK NEGTIFNYA Untuk Mesin

AWAS !!! Pakai Oli Palsu Banyak EFEK NEGTIFNYA Untuk Mesin

Seberapa rutinkah anda mengganti oli mesin bersama dengan filter oli di kendaraan anda.Pakai oli jenis apa dan sering menggunakan merk apa.Karena mobil yang tidak dirawat dengan baik akan berpotensi cepat rusak,terjadi kerusakan di banyak kompponen sehingga anda akan keluar biaya banyak sekali.

Pemilihan jenis oli harus sesuai dengan model mesin.Jangan terkecoh harga murah namun tidak tahu kualitasnya sehingga malah bisa membuat kerusakan di engine.Perawatan sangat diperlukan agar engine bisa bertahan lama.

Bermacam-macam karakter pemilik mobil yang merawat dengan baik mobilnya dan yang tidak merawat dengan baik kendaraanya akan kita ketahui.Karena saya pernah menemukan kendaraan datang ke bengkel untuk melakukan service mesin.

Hanya datang untuk melakukan engine tune up saja dengan keluhan mesin agak kasar.Maka langsung dilakukan pemeriksaan valve karena engine posisi masih panas.Langkah terkejutnya melihat kondisi ruang valve yang idak beraturan.

Seperti ada lumpur di system valve yang sudah mengering.Ada sebagian juga yang masih basah dan menggumpal hitam.Sehingga membuat pergerakan valve tidak normal dan juga lubang jalur oli sebagian ada yang tertutup oleh kotoran tersebut.Membuat pelumasan tidak lancar dan valve menjadi berisik.

Kompponen juga akan cepat aus karena tidak adanya pelumasan dengan baik.Bisa jadi filter oli sampai mampat karena kerak karbon sisa dari oli palsu tersebut.Ada juga yang menggunakan engine flush untuk membersihkan kerak karbon yang didalam engine agar lebih bersih.

Info dan tips Yang Benar Untuk START ENGINE Pertama Pada Mobil Matic

Kasus seperti ini ternyata di akibatkan oleh pemilihan jenis oli yang tidak recomended.Bisa jadi memakai oli murah yang tidak jelas mereknya.Dan penggantian oli mesin juga tidak rutin sehingga ada kotoran menumpuk berupa carbon.

Jika sudah terjadi seperti ini maka sebaiknya lakukan engine over houle untuk pemeriksaan di kondisi carter,crankshaft dan yang lainnya.Semuanya di bersihkan dari carbon yang menempel di komponen engine agar jalur pelumasan dapat mengalir dengan baik.

Baca juga Informasi mengenai steering earbog Colt Diesel CANTER

Share This :